Andre Taulany Modifikasi Vespa Klasik, Sementara Habiskan Biaya Rp55 Juta

Motorgue, 26 Jun 2020
  •  Andre Taulany Modifikasi Vespa Klasik, Sementara Habiskan Biaya Rp55 Juta
    Andre Taulany Modifikasi Vespa Klasik, Sementara Habiskan Biaya Rp55 Juta
Kini kendaraan klasik banyak diminati oleh setiap orang. Dengan tampilan eksentrik yang kendarai pasti mempunyai kepuasan sendiri. Ditambah lagi mesih masih sehat dan tak banyak rewel.

Inilah yang dialami public figure Andre Taulany yang mempunyai Vespa special 90 cc tahun 1979 berwarna hijau muda.

Menariknya, Andre berniat modifikasi mesin dari Vespa klasik itu. Nantinya akan pakai komponen suku cadang racing asal Italia, yakni Polini dan Malossi.

Andre mengaku keinginan itu bermula saat riding dengan Vespa kesayangannya itu, karena mesinnya original, maka jalannya melambat dan tertinggal dari rombongan. Akhirnya Andry memutuskan merestorasi vespanya ke bengkel PT Scooter Victory Inter Part (Scooter VIP) di Bekasi Selatan, Jawa Barat.



Memodifikasi bagian mesin dan kaki-kaki, karena blok mesin bawaan sudah menggunakan Malossi MK4 cast iron dengan diameter 57,5 mm.

Karena takut selip saat rpm tinggi, maka digunakan Polini double spring dan kanvas kopling menggunakan Malossi berbahan carbon. Sementaara untuk pengapian menggunakan Cdi, magnet, rotor, dan spul Polini analog cone 20 agar pengapiannya besar dan terbakar sempurna di ruang bakar.

Sementara untuk karburator, Scooter VIP menggunakan Polini tipe PWK diameter 26 dengan mainjet antara 105-120. Dan sektor kaki-kaki depan dan belakang, menggunakan Malossi tipe RS24 shock absorber. Pengereman masih tromol sehingga dipakai kanvas rem Malossi berbahan non-asbes yang sangat pakem untuk rem tromol.
Sumber: otosia