Custom Yamaha Scorpio Jadi Scrambler Buatan Backyard Garage

Motorgue, 03 Jul 2020
  • Yamaha Scorpio
    Custom Yamaha Scorpio Jadi Scrambler Buatan Backyard Garage
Sesuatu yang berlebihan dan mencolok tak melulu menghasilkan sosok indah. Terkadang kesederhanaan desain justru meningkatkan nilai estetika. Seperti scrambler buatan Backyard Garage Bali satu ini. Mereka menyulap Yamaha Scorpio 225 dalam komposisi simpel, menawan dan fungsional. Meski tidak dapat diukur dalam wujud nyata, tapi rasanya Anda setuju Pulau Dewata memang memiliki nilai seni dan selera tinggi. Boleh jadi, kultur masyarakat yang sudah kuat bercampur ragam perspektif berbagai belahan dunia memengaruhinya. Sehingga tercipta keunikan tersendiri.


Hal ini tampaknya diterjemahkan pula dalam budaya custom motor. Lihat saja. Scrambler berbasis Scorpio ini begitu menarik, tanpa perlu mengenakan banyak kosmetik untuk cari perhatian. Kecantikannya natural. Padahal bukan diisi warna monoton. Semuanya kontras, tapi seakan berpadu sempurna. Tangki milik Suzuki lawas menggantikan wadah bensin asli dan dicat hijau tua, atau kerap disebut British Racing Green (BRG). Dipasangkan dengan sadel kulit coklat bermotif “rustic”, serta panel besi satin pada fender, sampai tutup filter udara. Padanan sempurna bukan? Finishing tiap panel juga rapi. Tiap ujung potongan besi tak tampak seperti mata pisau, alias cukup halus. Pemasangan knalpot tinggi ala scrambler juga disesuaikan dengan finishing satin di bodi. Lengkap dengan pelindung panas yang dilubangi. Menambah kesan maskulin dan rebel.


Pemilihan lampu pun tak neko-neko. Meski tersedia banyak model lampu bundar LED di pasaran, Backyard memilih untuk memasang yang konvensional. Baik di depan maupun belakang. Alhasil nuansa klasik tetap dapat dipertahankan. Selesai soal estetika, kini giliran rancang bangun. Seperti menjadi kewajiban bagi seorang builder, memotong subframe belakang dan membuatnya sendiri sesuai selera. Hal ini dilakukan demi bisa meletakkan sepatbor belakang di titik tinggi, sekaligus memperingkas ukuran motor. Kaki-kaki ikut di-upgrade. Monoshock baru menopang bagian belakang, berikut lengan ayun dengan jarak lebar agar cukup dijejali ban besar. Begitu juga fork depan dibarui, namun masih mencomot dari produk Yamaha. Kemungkinan besar milik Byson. Sementara ban Shinko Dual Sport 18-17 inci membalut pelek jari-jarinya. Alhasil, ground clearance jadi tinggi, siap menerkam jalur berundak.


Instrumen asli jelas ditanggalkan. Sebab jika dibiarkan pasti tak selaras dengan karakter yang terlanjur dibuat. Digantikan panel digital bulat, dengan sajian informasi minimalis. Ya, siapa juga yang bakal meminta data lengkap untuk motor begini? Penunjuk kecepatan, putaran mesin, serta odometer rasanya sudah cukup. Rancangan semacam ini sengaja disesuaikan landskap Bali. Backyard paham betul, jalan-jalan kecil dan bergelombang di sana membutuhkan sosok seperti ini. Apalagi saat mengeksplorasi sisi sub-urban yang kerap jadi kebiasaan turis, maupun warga lokal. Plus, suku cadangnya mudah didapat. Menjadikan Scorpio scrambler sebagai paket paling tepat guna sekaligus keren.
Sumber: oto