Motor Honda Super Cub Konsep Modern Retro

Motorgue, 29 May 2020
  • Costum Honda Super Cub
    Motor Honda Super Cub Konsep Modern Retro
Honda Super Cub C125 sudah banyak beredar di jalanan. Namun, masih sedikit sekali yang mengubahnya menjadi motor custom. Motor bebek garapan K-Speed asal Thailand ini mungkin bisa jadi referensi untuk para pemilik Super Cub di Indonesia. Meskipun, basis motor yang digunakan K-Speed sebenarnya adalah Super Cub lansiran 2018, tapi sebenarnya secara basis tidak jauh berbeda. Baca juga: Harga Motor Bebek Honda Super Cub C125 Tembus Rp 72 Jutaan Dibangun dengan konsep modern retro, motor bergaya street cub ini terlihat sederhana, tapi tetap elegan. Dikutip dari BikeExif.com, K-Speed memberi julukan motor ini dengan "Super Power Cub".

Sesuai konsep yang diangkat, bengkel motor custom yang juga menjual aksesori tersebut menggabungkan gaya baru, seperti lampu sein LED dengan setang dan ban bergaya klasik. Namun, bagian ikonik Super Cub tetap dipertahankan. Perubahan terbesar ada di bagian depan. Posisi lampu utama yang tadinya berada di atas, dekat dengan setang, kini turun dan berada di atas ban. Setang telanjang dengan tampilan minimalis dilengkapi dengan handgrip dari Biltwell Inc.

Tidak banyak kabel yang terlihat di daerah setang. Hanya ada kabel gas dan rem depan. Saklar lampu sein dan electric starter dipindah ke bagian tengah, dekat dengan baut komstir. Spidometer model analog juga ditempatkan di bagian tengah.Bagian kaki-kaki sudah berubah menjadi lebih padat. K-Speed menggunakan ban Vee Rubber bergaya klasik dengan ukuran 2.50x17.

Bagian sokbreker depan juga ditutup cover dengan desain mengotak dan di bagian samping terdapat lampu sein. Rem depan dan rem belakang sengaja tetap menggunakan model tromol untuk mempertahankan kesan retro. Bagian buritan dipotong dan diganti dengan sepatbor custom, di mana lampu sein ditempatkan di samping kanan dan kiri. Lampu sein Diablo yang digunakan sebenarnya adalah model bar end yang biasa ditempatkan di ujung setang.

Lampu belakang pindah ke sebelah kanan, di bawah sokbreker. Sedangkan sebelah kiri, dimanfaatkan untuk menempatkan pelat nomor. K-Speed yang menghabiskan waktu 30 hari untuk membangun motor ini juga mengubah tampilan jok. Tak hanya dibentuk ulang, kulit joknya juga dibuat kontras dengan kulit warna hitam dan benang berwarna putih. Tak lupa, agar terdengar sangar, bagian knalpot juga diganti knalpot racing Diablo. Untuk membuat knalpot lebih bergaya, bagian leher knalpot dibungkus dengan exhaust wrap.
Sumber: kompas