Merubah Yamaha Xabre Menjadi Terlihat Modern Tracker

Motorgue, 18 Jun 2020
  • Yamaha Xabre
    Merubah Yamaha Xabre Menjadi Terlihat Modern Tracker
Yamaha Xabre di Indonesia kurang diminati. Di Thailand, motor ini diberi nama Yamaha M-Slaz. Tampilannya dengan model street fighter ternyata bisa dibuat lebih menarik lagi. K-Speed, bengkel motor custom asal Thailand, berhasil membuat ubahannya semakin menarik. Padahal, jika diperhatikan, ubahan yang dilakukan juga tak banyak. Builder K-Speed, hanya membuat Xabre Thailand tersebut menjadi lebih padat. Sebab, motor ini sudah punya tangki yang membuat tampilannya terkesan kekar. Tinggal menyerasikan bagian kaki-kakinya.


Langkah pertama yang dia lakukan adalah memotong bagian buritan dan membuatnya menjadi rata, khas motor custom bergaya tracker. "Saya pikir ini terlalu tinggi untuk konsumen saya. Saya membuat tambahan rangka belakang yang lebih ramping dan dipadukan jok yang rata. Sehingga, tinggi jok menjadi lebih rendah," ujar Eak.


Untuk meningkatkan bagian kaki-kakinya, K-Speed menyematkan ban Vee Rubber model dual sport dengan ukuran 140/80-17 untuk bagian depan dan belakang. Sehingga, tampilan motor jadi terlihat lebih besar. Menuruti kemauan konsumen yang menginginkan tampilan tracker dengan sentuhan modern, K-Speed mengganti setang menjadi lebih pendek tapi tetap dengan setang model fatbar.


Karena saya lebih suka tampilan yang bersih dan rapi pada motor, semua yang tidak dibutuhkan saya lepas. Hasilnya, tampilan modern dengan ban belakang yang terlihat besar, kata Eak. Tangki tak diubah, tetap menggunakan tangki standar. Tapi, ada beberapa bagian yang dianggap tak penting dilepas dan dipasang aksesori untuk menambahkan aksen hitam.


"Kami menggunakan lampu depan LED Daymaker dengan bracket hasil custom. Saya lebih memilih lampu model bulat dibandingkan lampu standarnya," ujar Eak. Bagian lain yang tak disentuhnya adalah suspensi pelek juga tak diubah, hanya dicat ulang dengan warna emas agar serasi dengan suspensi depan yang sudah menggunakan model upside down. "Menurur saya, paduan warna hitam dan warna emas adalah kombinasi warna yang luar biasa," Kata Eak.

K-Speed masih memberikan ubahan di bagian lain, seperti pengeremannya yang sekarang menggunakan Brembo, baik kaliper depan dan belakang. Dari semua ubahan tersebut, Eak mengaku bagian favoritnya adalah knalpot. Motor custom dengan konsep modern tracker ini menggunakan knalpot racing dengan model under belly.
Sumber: kompas
yamaha xabre