Modif Simple Yamaha Fino 125 Ban 12 Inchi Padat Berisi

Motorgue, 10 Jun 2020
  • yamaha fino 125
    Modif Simple Yamaha Fino 125 Ban 12 Inchi Padat Berisi
Modifikasi simpel Yamaha Fino 125, pakai ban berukuran 12 inchi jadi padat dan berisi. Modifikasi enggak selalu harus ekstrim dan full ubahan total, tapi ada juga yang suka modif simpel dan ringan. Hanya pergantian beberapa komponen, motor sudah ada perubahan dan terlihat berbeda. Sama dengan Yamaha Fino 125 lansiran tahun 2018 ini yang mengusung konsep shorty matic. Yamaha Fino 125 masuk ke segmen matik klasik, tapi ada beberapa hal yang kurang disuka pemiliknya.

Beberapa komponen yang di rasa kurang sesuai, seperti aplikasi roda yang terlihat cungkring dengan lingkar 14 inci, beda dengan kompetitornya yang memang sudah aplikasi roda ring 12 inci
Persoalannya adalah gimana caranya bikin lingkar roda menjadi kekar dan terkesan padat berisi.

Eksekusi menggunakan teromol dan jari-jari cukup menemui kendala karena lingkar pelek yang cukup kecil.
Karena Yamaha Fino 125 as roda belakangnya sama dengan Yamaha Xeon, teromol yang diaplikasi sesuai dan tinggal setel jari-jarinya saja yang panjangnya disesuaikan.

Motor pesanan kerabat deket, untuk jalan kuliah, kebetulan yang mau pakai cewek minta dibikinkan yang beda dan sesuai postur tubuh, ungkap modifikator gaek Topo Goedel Atmodjo dari Laboratorium modifikasi Tauco Custom motorcycle di Tanah Baru Depok.
Bentuk jok yang sengaja dibikin single seat tujuannya untuk mengejar riding position.

Bagian dari segitiga kenyamanan saat posisi duduk, kaki bisa menapak bebas dan tangan juga pas saat pegang setang.
Karena karakter cewek tetap beda dibanding cowok, dengan analisa dan pemahaman saat membawa motor di jalan, disitu Topo banyak belajar tentang sebuah kenyamanan berkendara layaknya seorang profesor modifikasi.Penggantian knalpot dilakukan untuk meningkatkan performance dan juga suara.

Kendalanya sisi sebelah kanan jadi terlihat kosong, untuk mengisinya sekaligus sebagai penopang knalpot dipasanglah swing arm Yamaha Nuovo yang pemasangan nya juga perlu perjuangan karena beda dengan generasi Fino lawas atau Mio yang bisa langsung plug n play. Hasil akhir cukup repainting dan grafis simple sebagai perwujudan dari hasil yang simple dan dinamis tentang jiwa muda dan masa depan.

Data modifikasi ;

Pelek depan/belakang : TK 160/ 12 - TK 185/ 12
Ban depan : CST 120/70/12
Ban belakang : CST 130/70/12
Teromol depan : Yamaha Mio
Teromol belakang : Yamaha Xeon
Knalpot : Technoshit 764
Swing arm : Yamaha Nuovo
Sumber: