Modifikasi Honda Supra Fit X Ala Chopper

Motorgue, 19 Jun 2020
  • Modifikasi Honda Supra Fit X berubah menjadi chopper
    Modifikasi Honda Supra Fit X Ala Chopper
Bukan sembarang Honda Supra, tadinya motor bebek modifikasi ala chopper jadi mirip motor pak Jokowi bro. Ngomongin Honda Supra pasti langsung terbayang motor bebek edisi lawas yang terkenal buandel dan iritkan. Terbukti sampai daerah pelosok pun Honda Supra masih kuat digunakan sehari-hari. Malahan Honda Supra kerap dipakai untuk transportasi bisnis, dagang dan ngojek nih bro karena terkenal irit. Nah, image motor bebek nan irit untuk sehari-hari ini berhasil diubah total oleh Kojay Garage menjadi motor custom berkonsep chopper yang oldskul banget. Kali ini Honda Supra Fit X kena sentuhan modifikasi total. Riki, selaku builder dan owner Kojay Garage berkata motor ini adalah milik customer setianya yang memang suka dengan motor 'nyeleneh'. "Awalnya saya juga bingung, beliau minta dibuatkan chopper, tapi special request dengan menggunakan mesin motor bebek.

'Biasanya chopper kan identik dengan mesin gede dan berotot tuh mas, tapi ini beda," buka Riki. "Makanya kita kasih nama motor ini Chobek, alias chopper bebek haha," lanjutnya sambil bergurau. Namanya motor chopper, penggunaan rangka rigid menjadi hal yang wajib sob, begitu juga di motor garapan Kojay Garage ini. "Rangkanya semua kita bikin rigid. Tanpa ada lengan ayun belakang. Untuk springer, setang, dan sissy bar belakang juga kita custom handmade mas," ujar Riki."Biar makin mencolok di jalan raya, kita painting pakai kelir emas kekuningan. Nah di bagian springer, stang, dan sissy bar kita full chrome. Biar bling-bling hehe," lanjutnya.Masuk ke penempatan mesin Supra Fit X ke rangka rigid ini, Riki menjelaskan tidak ada kesulitan, namun harus presisi agar bobot rangka dengan mesin seimbang.

"Ngga ada kesulitan sih mas, yang penting dipasang presisi saja hehe. Biar center of gravitynya pas. 'Bagian blok mesin juga kita krom, kalau blok head kita poles ulang biar kelihatan seperti baru. 'Ohya posisi kunci kontak juga sudah diubah, sekarang di bawah dekat mesin," ujarnya. Nah yang unik di 'chobek' ini adalah mekanisme transmisinya, dibuat mirip seperti mobil loh! "Transmisinya kita otak-atik nih mas, jadi bagian footstep sebelah kiri itu yang biasanya pedal gigi atau transmisi, kita ubah menjadi pedal kopling mirip di mobil. 'Nah untuk ganti giginya naik turun, kita buatkan tuas persneling yang bisa dioperasikan pakai tangan kiri," ucap Riki.

Lanjut ke bagian kaki-kakinya, biar kesan chopper semakin muncul, tentu penggunaan ban ring besar di depan menjadi identitas kalau motor ini adalah motor chopper. "Ban depan itu pakai pelek DID ring 21 lebarnya 1.65 inch mas, ban pakai Swallow Sprinter ukuran 3.00. 'Kalau belakang agak sedikit lebar, pakai pelek DID juga namun ring 17 lebar 2.50 inch, ban pakai Swallow Classic ukuran 4.00. 'Untuk tromol, bagian depan itu pakai tromol becak aftermarket,dan belakang masih mengandalkan tromol bawaan motor," ujarnya. Bagian headlamp juga dibuat minimalis dengan penggunaan headlamp khas chopper berukuran 4 inch. Joknya juga dibuat custom handmade sob, ala-ala chopper 'bozosoku'. Terakhir penggunaan knalpot yang panjang melintang lalu keatas mengikuti bentuk sissy bar dan jok semakin menambah kesan chopper di motor ini. "Knalpot kita custom handmade mas, full stainless lalu dibentuk seperti pipa panjang yang bagian belakangnya menjulang ke atas, mengikuti arah sissy bar juga," ucap Riki.

Sumber: