Modifikasi Honda Win Berubah Gagah Mirip Motor Trabasan

Motorgue, 22 Jun 2020
  • Honda Win
    Modifikasi Honda Win Berubah Gagah Mirip Motor Trabasan
Honda Win dimodif jadi motor trabasan alias motor trail. Biasanya, Honda Win dikenal dengan motor lawas ala pemerintahan. Maklum, motor jadul Honda ini sering mejeng di kantor pemerintahan. Desainnya yang klasik justru bisa diakali jadi motor dua alam. Seperti yang dilakukan modifikator asal Yogyakarta ini. Ofix, salah satu pemilik Honda Win yang mengubah ala motor trail. Kalau brother tahu motivasinya modifikasi Honda Win ini, bakal terkejut deh. Dia malah memilih Honda Win miliknya jadi lebih tua. Honda Win tahun 1997 mengambil konsep desain tahun 80an. Salah satu alasan kuat Ofix mengubah tampilan motor Honda Win nya menjadi lebih tua adalah ingin mendapatkan kesan lebih klasik. Menurut Ofix, kelir hitam dan merah pada Honda Win ini supaya tampil lebih fungsional dan stylish. Penambah rak yang disematkan di bagian bodi kanan dan kiri ini difungsikan untuk membawa tas berisi keperluan pribadi selama mengikuti touring atau berkendara jauh ke luar kota.

"Kelihatannya simple tapi tambah gagah karena aku memilih warna krom dan fungsinya sangat penting buat bawa tas pas touring," ungkapnya dikutip dari TribunJogja.com. "Jadi bawaan tak repot di bawa dengan tas ransel atau tas gendong," tambah dia. Selain itu, dengan memilih tampil lebih tua sepuluh tahun, rupanya Ofix mengejar desain motor semi trail ala Honda Win pabrikan tahun 1980 an. Baginya, Honda Win tahun 1997 ini perpaduan motor perkotaan dan trabasan. Bila dilihat secara keseluruhan, motor Honda Win ini memang memiliki tampilan serupa motor trail terutama pada bagian depan.

Penggunaan shock teleskopik dipadu dengan selebor depan berbahan bukan logam dan ban bermotif kotak besar membuat tampang trail sukses ditampilkan motor ini. Penggunaan shock teleskopik dipadu dengan selebor depan berbahan bukan logam dan ban bermotif kotak besar membuat tampang trail sukses ditampilkan motor ini. Agar tampil sempurna sesuai desain Honda Win pabrikan tahun 1980-an, Ofix sengaja berburu part part yang masih orisinil, meskipun part tersebut sudah berkarat lantaran usia. Hal ini dilakukan agar motor miliknya benar benar memiliki ruh Honda Win tahun 1987. Motor yang sudah dihentikan produksinya sejak tahun 2005 ini memang Kembali jadi incaran para kawula muda penggemar motor kostum.  Sebagian yang lebih suka memodifikasi motor ini, pilihan jatuh pada gaya motor trail. Lantaran dibekali dapur pacu hanya 100 CC dengan mesin 4 tak, motor ini memang lebih cocok digunakan sebagai trail perkotaan.Motor Honda Win 100 ini memang paling pas untung kantong kawula muda yang pengin memiliki kuda besi yang kece namun dengan harga yang masih terjangkau.

Kesan retro memang lekat pada motor Honda Win 100 ini. Bagi mereka yang lebih suka motor orisinil, part part bawaan pabrik justru menjadi daya tarik utama. Misalnya pada velg yang masih menggunakan jari jari dan sistem pengeremu memakai tromol. Selain itu kaki kaki bawaan motor ini juga terbilang membuat lentur bodi motor ketika melewati jalan tak rata. Untuk sistem pengapian,motor ini sudah menggunakan CDI.
Sumber: