Modifikasi Kawasaki KLX230 Pakai Kaki-kaki Supermoto

Motorgue, 06 Jul 2020
  • Kawasaki KLX230
    Modifikasi Kawasaki KLX230 Pakai Kaki-kaki Supermoto
Salah satu cara bikin tampilan motor trail seperti Kawasaki KLX230 adalah dengan mengganti kaki-kakinya. Apalagi kalau anda lebih sering menggunakan motor Kawasaki KLX230 untuk penggunaan harian. Sudah pasti lebih cocok kalau pakai ban aspal, alias bergaya supermoto. Salah satu pengguna KLX230 yang memodifikasi motornya menjadi supermoto adalah Deden Fauzi.

“Karena suka sih bergaya Supermoto. Lagian kalau pakai ban ‘tahu’ tapaknya tipis dan grip ke aspalnya kurang, kurang safety buat di aspal,” bukanya. Modifikasinya dengan mengubah lingkar roda menjadi ring 17 inci di depan dan belakang menggunakan TK Racing Bright lebar 2.50” x17”.
Berbalut ban Dunlop Sportmax Alpha 13 110/70-17 depan dan 3.50” x 17” dengan ban serupa berukuran 150/60-17 di belakang. “Gak suka pelek terlalu lebar, karena pasti jadi berat, ahaha… Karena setelah cari tahu ternyata ban ukuran 150 masih aman terpasang di lebar pelek 3.50”.

"Oiya ini bannya bekas balap ARRC, kalo harga barunya sepasang sekitar Rp 2,5-2,8 juta,” lanjut Deden. Setelah mendapatkan pelek, tromol pun perlu dicari. Deden pun memilih tromol depan D-Tracker sedangkan yang belakang pakai KX250. “Cakram depannya juga pakai D-Tracker sudah floating. Belakang pakai KX250, selain lebih kuat juga girnya tetap bisa pakai 520. Kalau D-Tracker kan girnya 428,” sambung pria ramah ini. Jari-jari berlabel Wilwood pun dipilih untuk menghubungkan pelek dengan tromol barunya.

Tapi pelek belum bisa terpasang nih, karena perlu penyesuaian agar bisa melekat pada KLX230. Untuk itu motor pun diserahkan ke bengkel Rafka Motor yang ada di Jl. Bintara IV, Bintara, Bekasi. “Roda depan dan belakang dibuatkan bushing baru supaya bisa terpasang dan sejajar. Bracket kaliper depan dan bracket kaliper belakang juga dibuat baru, karena cakramnya sekarang lebih besar,” tunjuk Andika Ramadhan dari Rafka Motor.
Untuk pilihan pelek yang lebih terjangkau bisa juga tengok buatan VRossi.  “Untuk Supermoto ada tipe Sprint VR yang desain tengahnya bulat dengan pilihan warna black anodize. Ada juga tipe Sprint XD yang mengotak di bagian tengah dengan warna black sandy,” ujar Kevin William, Staff Marketing Velg Rossi Official Store di Jl. Lapangan Bola No. 06 A-B, Kebon Jeruk, Jakbar.
Sumber: