Modifikasi Motor Touring BMW K100 Menjadi Cafe Racer

Motorgue, 02 Jul 2020
  • Modifikasi BMW K100
    Modifikasi Motor Touring BMW K100 Menjadi Cafe Racer
Tommo dan Dav dari bengkel Spitfire Speed Shop, Inggris, memilih aliran klasik untuk memodifikasi moge touring BMW K100. Disebut sebagai Project K, moge buatan Jerman itu diubah lebih minimalis dengan gaya cafe racer. Proyek modifikasi motor ini dimulai dengan melucuti seluruh komponen BMW K100. Selanjutnya sasis disesuaikan lagi dengan subframe baru dan rangka belakang yang dibentuk ulang.


Sang builder kemudian mulai membangun motor ini dari depan, dengan menyematkan front end Suzuki GSX-R1000, untuk meningkatkan pengendalian. Geser ke bagian bawah, terdapat rem cakram ganda besutan Tokico.Sementara untuk menyeimbangkan sisi belakang, disematkan suspensi merek YSS yang dipasang secara horizontal ke swingarm, untuk menghasilkan efek suspensi pushrod seperti yang digunakan pada mobil balap.


Dari segi performa, masih mengandalkan mesin standar 4 silinder segaris 987cc, yang bisa menghasilkan power puncak 84 dk. Namun untuk sistem injeksi bawaan dicabut dan digantikan dengan karburator besutan Keihin, dengan intake manifold custom, throttle Domino, dan empat pod udara.
Sistem ECU pada motor ini pun dibuang dan mempertahankan sistem pengapian Bosch. Agar tampilan makin ringkas, semua kabel disembunyikan di bawah jok.


BMW K100 Project K awalnya dibangun untuk ditampilkan sebagai Pro-Build di acara BikeShed 2020. Sayangnya, acara itu dibatalkan karena penguncian (lockdown) terkait pandemi virus Corona.
Sumber: detik