Honda Karisma 250cc 2 Silinder Modifikasi Menjadi Seperti Gorila

Motorgue, 10 Jun 2020
  • Honda Karisma
    Honda Karisma 250cc 2 Silinder Modifikasi Menjadi Seperti Gorila
Enggak mau keluar duit banyak, Alesius Juniadi memutar otak untuk membangun Honda Gorilla. Uniknya, pria yang kerab disapa Wowox ini membangun Gorilla dengan 2 buah mesin Honda Karisma. Kalau beli baru pasti lumayan harganya, makanya saya inisiatif membangun sendiri, sekalian bisa modif juga sesuai keinginan saya, buka Wowox yang tinggal di Gandul, Depok, Jawa Barat.

Buat yang belum tahu, Honda Gorilla punya desain yang lebih gemuk dibanding Honda Monkey. Biar kata sama-sama imut, tapi tangki dan jok Honda Gorilla lebih besar. Ubahan awal yang dikerjakan sendiri oleh pria asal Madiun, Jawa Timur ini, dari memasang suspensi depan. Rangka dan setangnya saya impor langsung dari Jepang pakai punya Honda Gorilla, tetapi sok depan pakai punya Gazgas Gorilla, ungkap Wowox.

Gazgas memang membuat versi replika Honda Gorilla.Tangkinya Wowox lagi-lagi mengandalkan keluaran Gazgas yang pemasangannya tentu PnP ke rangka asli Gorilla.Selanjutnya, Wowox mengaplikasi swing arm Takegawa yang berdimensi lebih besar, jadi bisa menampung ban berprofil lebar.Sektor roda, Wowox pakai pelek ATV berdiameter 10 inci yang di-custom dengan teromol pelek racing dari Honda Supra 125.

Agar mendapatkan pelek lebar, prosesnya dicor lagi antara pelek ATV dan teromol pelek racing, beber Wowox. Mesinnya Wowox pakai copotan Honda Karisma, tapi dirombak jadi dua silinder, yang pengerjaan diserahkan pada bengkel Berkah Motor Madiun (BMM). Konsep engine yang diterapkan mengusung tipe segaris, part yang dipakai semua menggunakan orisinal Karisma, ungkap Boby Congot owner Berkah Motor Madiun yang beralamat di Kertosari, Madiun, Jawa Timur. Prosesnya dengan menggabungkan 2 buah crank case, 2 buah crank shaft beserta piston, blok dan cylinder head serta karburator Karisma. Dengan bore x stroke persis aslinya Karisma, maka kapasitasnya jadi 250 cc.

Data Modifikasi ;

Ban depan : Pirelli SL38 100/80-10
Ban belakang : Pirelli SL38 100/80-10
Pelek depan : Custom 3.50x10
Pelek belakang : Custom 6.00x10
Sokbreker depan : Gazgas Gorilla
Disc brake : Aftermarket
Setang : Honda Gorilla
Speedometer : Takegawa digital
Headlamp : Honda Monkey
Lampu sein : Kitaco
Tangki : Gazgas Gorilla
Jok : Custom kukit sintetis
Rak belakang : Custom
Stoplamp : Gazgas Gorilla
Swing arm : Custom Takegawa
Knalpot : Custom Webike
Sumber: