Modifikasi Yamaha MX King 150 Ala X1R

Motorgue, 28 Jun 2020
  • Modifikasi Yamaha Jupiter MX King 150
    Modifikasi Yamaha MX King 150 Ala X1R
Modifikasi Yamaha MX King 150 ini, pasti bikin kangen. Terutama di area setangnya, yang model clip on ala motor sport. Tren modifikasi motor bebek dengan setang clip on alias setang jepit, pernah naik daun di medio 2000an. Kali ini, Adhi Wicaksono membangkitkan modifikasi ini pada Yamaha Jupiter MX King 150 miliknya. Motor ini dulunya digunakan anak pertama Siwe, sapaan akrab Adhi Wicaksono. Diceritakan owner Lent Automodified ini, motor bebek ini sempat mengganggur sampai tiga tahun. Namun dampak pandemi virus Corona, Siwe dan krunya punya banyak waktu luang di rumah. Akhirnya motor yang kondisinya berantakan, digarap biar lebih segar. Waktu merapikan motor, timbul keinginan Siwe untuk membangun MX King seperti gaya modifikasi dahulu kala.

“Pertama kali saya berkarir dalam modifikasi motor pada tahun 2005 dengan Yamaha Jupiter MX 135," buka Siwe. Memang, Lent Automodified dikenal pionir dalam memodifikasi Yamaha MX series, menjadi bebek sport. Apalagi, Siwe juga pernah memiliki semua generasi Yamaha MX series ini.


Sebagai spesialis bodi kit dari fiberglass, Siwe membuat ulang bodi depan, undercowl, dan sepatbor depan. Desainnya tentu ala motor sport seperti gaya MX terdahulu, yang jadi ciri khas Lent Automodified. Biar beda, bodi depan kemudian dipasangkan headlamp copotan Yamaha Mio Soul GT.
Membuat area depannya makin sporty dan padat. Sedangkan bodi belakang dan samping masih bawaan Yamaha MX King, karena sudah sporty.
Warnanya dipilih putih dan merah, yang terinspirasi Yamaha YZF-R1. Siwe yang bermarkas di Jl. Kerinci, Pilang, Probolinggo, Jawa Timur ini juga membuatkan rumah spidometer baru. Ini biar mirip Yamaha X1R, yang jadi acuan banyak motor bebek sport.Tentunya setangnya juga pakai asli motor bebek asal Thailand tersebut. Agar pas dengan konsep sport, kaki-kaki dibuat kekar dengan suspensi depan upside down.

Peleknya juga makin gambot, dengan lebar 3.00 inci dan 4.50. Untuk ban dipasang Bridgestone Battlax BT92. Biar mengimbangi pelek sudah lebar, lengan ayun diberi cover dan hugger dari fiber. Proses pengerjaan total memakan waktu sekitar 2 bulan. Yang jelas, motor ini pun mendapat banyak respon positif. “Rata-rata banyak customer lama yang merespon, yang dulu pernah modifikasi seperti ini,” gelak Siwe.
Sumber: