Modifikasi Yamaha R25 Versi MT Tracer

Motorgue, 03 Jul 2020
  • Modifikasi Yamaha R25
    Modifikasi Yamaha R25 Versi MT Tracer
Awal bulan lalu warganet dikejutkan dengan foto viral motor Yamaha model turing. Banyak yang mengira kalau itu ialah unit moge dari Kawasaki. Namun ternyata hasil modifikasi Yamaha R25 bergaya Sport Adventure. Kuda besi yang sejatinya berperawakan sport itu diubah menjadi jenjang. Motor itu adalah milik seorang pemilik Yamaha R25 bernama Huzni. Ia pertama kali memposting kuda besinya di grup facebook Yamaha R25 Indonesia. Berawal dari keisengan, ternyata hasil modifikasinya dipuji banyak orang. Bagaimana tidak, motor yang standarnya bergaya sport fairing berubah menjadi motor sport adventure dengan postur jangkung. Tak lupa juga penggunaan beberapa part aksesori yang menunjang untuk digunakan perjalanan jauh.

Selain di laman facebook, ia juga mengunggah karyanya ke akun media sosial pribadi. Berkat keterampilannya, Huzni seakan berhasil melahirkan model terbaru dari Tracer series. Tak hanya dalam negeri, media luar seperti Visordown juga ikut terkesima dengan konsep yang dimiliki pria asal Tegal itu. Bahkan mereka mengulas kreasi pemuda asal Indonesia dalam tulisannya berjudul If A Yamaha Tracer 250 Ever Hits The Market, It Should Look Like This. Tak mudah bagi pria asal Tegal merakit motor standar Yamaha YZF-R25 menjadi model Tracer. Pekerjaan paling rumit berfokus pada memodifikasi fairing, mengubah yang sebelumnya full menjadi half fairing. Tentu untuk mendapatkan keinginan yang sesuai, dirinya harus rela memotong bagian sayap itu. Kekosongan itu ia isi dengan crashbar custom berwarna hitam, lengkap dengan slider. Tak lupa juga komponen cahaya tambahan dari foglamp cree 6 mata (25watt) yang menempel di tiap sisi pelindung mesin.

Langkah selanjutnya ada di bagian suspensi depan yang dibuat lebih tinggi. Huzni menggunakan peninggi shock setinggi 15 cm, lengkap dengan cover layaknya motor tualang. Karena bagian depan dibuat tinggi, maka dipasangkan segitiga custom. Ditambah dengan penyematan setang lebar ala motor penjelajah. Hal itu otomatis berujung pada ubahan kabel-kabel yang terdapat pada komponen kemudi.

Fairing depan tidak diubah, hanya ada penambahan part penunjang tampilan. Seperti visor custom milik Versys 650, breket visor punya Honda ADV150 dan winglet di bawah lampu utama. Agar selaras, kaca spion mempercayakan punya Kawasaki Pulsar. Bawahnya agar tidak terlalu melompong, dipasangkan cover engine milik MT-25. Sementara untuk part lain yang menempel di Yamaha R25 bergaya adventure ada knalpot Ninja FI 250, pelek belakang berprofil lebar 5,5 inci, dan mengganti ban yang lebih besar, depan 120/70 dan belakang 180/55. Aksesori tambahannya terdapat bracket top box custom lengkap dengan box dari Givi E43. Sisanya semua masih dibiarkan standar pabrik.

Menyoal budget yang dibutuhkan untuk membuat model seperti ini, sang pemilik tidak mau menyebutkan. Karena ia memodifikasi kuda besinya itu dengan cara menyicil. Tapi konsep yang dibuat Huzni sangat menarik, terlihat hasilnya all out. Ringkas dan sederhana, hanya mengubah beberapa bagian dan tambahan aksesori pendukung.
Sumber: oto