Modifikasi Yamaha Scorpio Z Aliran Street Tracker Terinspirasi Dari Kartun Silverhawk

Motorgue, 19 Jun 2020
  • Modifikasi Yamaha Scorpio Z
    Modifikasi Yamaha Scorpio Z Aliran Street Tracker Terinspirasi Dari Kartun Silverhawk
Yamaha Scopio Z berubah tampilan setelah dicustom aliran street tracker. Yamaha Scorpio Z alias Yamaha SX225 jadi motor yang enak buat dicustom. Motor yang mengusung mesin 4-tak 225 cc berpendingin udara ini, sangat populer di Indonesia. Makanya, Geri Centura dari bengkel sekaligus tempat sewa motor custom Joyride di Bali memakai bahan dari Scorpio Z.

Sebenarnya, motor ini adalah milik seorang customer yang kepincut dengan motor custom yang disewakan Geri. Setelah menyewa salah satu motor Joyride, customer itu langsung meminta dibuatkan motor custom. "Setelah berdiskusi panjang, kita menemukan konsep kartun jadul Silverhawk dari memori masa kecil si klien," ungkap Geri dikutip dari Bikebound.com. "Dia meminta supaya motor punya power dan handling mirip supermoto," sambungnya.

"Makanya kami mengupgrade gaya Street Tracker dengan memasang sok depan USD," tambah pria yang tinggal di Canggu, Bali. Memang agak lucu karakter kartun Silverhawk asal Amerika Serikat, digabungkan dengan motor Jepang Yamaha. Supaya dua konsep itu dapat melebur jadi satu, Geri menyematkan tulisan Jepang di tangki. Kalau dibahasa Jepangkan, Silverhawk dibaca jadi SHIRUBAHOKU. Alhasil motor ini diberi nama SHIRUBAHOKU. Perombakan terlihat di subframe, serta penyematan tangki headlamp custom. Untuk lampu depan dan belakangnya sudah memakai LED. Agar aura supermoto keluar, Geri menggunakan setang Fatbar Pro Taper.

Untuk mesin sudah dibore up, dan ada beberapa ubahan yang bisa dibilang cukup menarik. Kalau standarnya Scorpio Z pakai 4 per kopling, kini Geri memasang 6 per kopling yang terbuat dari Titanium. Ia mengaku dengan memakai per kopling ini, tenaga dan tarikan motor lebih buas. Kaburator standar Scorpio Z juga Geri ganti pakai karbu PWK.


Untuk kaki-kaki, digunakan pelek jari-jari ring 18 yang dibalut ban dual purpose merek Swallow. Tampilan motor juga dipercantik dengan jok custom ala street tracker. Untuk sistem pembuangan, leher knalpot standar Scorpio Z dikombinasikan dengan muffler motorcross. Yang menarik ada di kelirnya, silver gloss coat plus tulisan Jepang dan stripe putih, serta logo Joyride.


Impresi berkendara Scorpio Z ala street tracker ini juga dijelaskan Geri. "Anda seperti membawa supermoto hanya saja lebih berat, namun handlingnya ringan," ungkap Geri. "Karena pakai setang fatbar yang lebar dan riding positionnya lumayan tinggi, motor terasa lebih ringan saat diajak belak-belok," lanjutnya. Geri juga bilang, meski posisi riding tinggi, namun handling, tenaga dan tarikannya bikin bikers lebih pede.

Sumber: