Yamaha Xsr155 Scrambel Dirubah Menjadi Radikal

Motorgue, 10 Jun 2020
  • Yamaha Xsr155
    Yamaha Xsr155 Scrambel Dirubah Menjadi Radikal
Di Thailand, Yamaha XSR155 sudah lebih dulu meluncur ketimbang Indonesia. Pada saat peluncurannya, Yamaha Thailand sempat meminta bantuan bengkel motor custom K-Speed untuk menggarap motor yang memiliki tampilan modern klasik tersebut jadi lebih radikal. K-Speed pun menjawab tantangan tersebut dengan baik. Hanya dalam waktu 30 hari, bengkel motor custom yang juga memproduksi aksesori aftermarket ini berhasil menciptakan motor bergaya scrambler dengan konsep yang cukup ekstrem. K-Speed mulai pengerjaan motor ini dengan melepas subframe dan menggantinya dengan subframe custom, lengkap dengan rak. Jok juga otomatis diganti dengan model yang lebih simpel dan dibalut dengan kulit, tak hanya menambah gaya tapi juga tetap nyaman.

Oleh K-Speed, motor ini diberi nama 'Trail Breaker'. Desainnya terinspirasi dari elemen-elemen bergaya adventure dan off-road. Konsepnya cukup sederhana, K-Speed ingin membuat motor bergaya retro yang kapasitas mesinnya kecil ini dengan tampilan yang lebih berotot. Untuk itu, disematkanlah crash cage yang melindungi bagian mesin, rangka, dan suspensi depan. Crash cage ini juga berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan lampu depan dan lampu kabut. Di bagian bawah, tak lupa dilengkapi dengan mud guard untuk melindungi bagian mesin yang terbuka. Mud guard ini juga menambah kesan kekar pada tampilan luarnya.

Knalpotnya custom, dari satu pipa dan bercabang menjadi dua silencer. Pipa knalpot ini melewati rangka dan ditempatkan di buritan alias model under seat. Untuk bagian tangkimya, K-Speed mempertahankan bentuknya yang standar. Namun, bukan berarti tak kena sentuhan. Tangkinya dicat ulang sesuai dengan konsep yang diusung. Setang lebar model trail dan footstep motocross digunakan juga untuk menambah kesan motor off-road. Tak terkecuali bagian kaki-kakinya, di mana K-Speed menggunakan pelek jari-jari dari bahan aluminium yang dipadukan ban gambot tipe dual-sport. Motor custom bergaya scrambler ini bisa menjadi referensi untuk para pemilik XSR155 di Indonesia yang ingin tampil beda.


Sumber: kompas