2 Harga Honda Genio, Review, dan Spesifikasi Juni 2020

Motorgue, 25 Jun 2020
  • 2 Harga Honda Genio, Review, dan Spesifikasi Juni 2020
    2 Harga Honda Genio, Review, dan Spesifikasi Juni 2020
Secara resmi meluncurkan skutik baru, yaitu Honda Genio. Motor bergaya retro ini menempati posisi di bawah Honda Scoopy.

Cukup menarik memang nama dari skutik baru Honda ini, pasalnya nama tersebut pertama kali digunakan oleh mobil Honda, tepatnya Civic Genio. Namun, nama Genio untuk skutik baru ini bukan asal jiplak mobil Civic tersebut. Faktanya diambil dari genius yang berarti smart dan genuine dengan arti original.

Hal tersebut sangat sesuai dengan tujuan dihadirkannya motor Honda Genio di Indonesia yang menyasar kalangan anak muda. Kurang lebih hal tersebut sesuai dengan jati diri dari kaum milenial berupa pintar serta autentik atau asli.

Skutik terbaru dari Honda ini mengaspal di Indonesia juga bertujuan untuk mengulang sukses dari Scoopy. Motor retro modern ini menjadi skutik tersukses yang telah diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM).

Namun, apakah nantinya motor ini memang bisa mengulang sukses pendahulunya itu? Tentu hal ini harus dinantikan beberapa waktu ke depan. Akan tetapi, Honda Genio juga harus memiliki spesifikasi yang tak kalah saing dengan Scoopy agar pamornya bisa sesukses skutik tesebut.

Nah, di bawah ini sudah tersedia review dan besaran harga Honda Genio terbaru 2020.

Desain Honda Genio
Desain Honda Genio

Diluncurkan untuk menyasar para anak muda, tentunya desain dari Honda Genio cukup stylish. Dari bahasa desainnya sendiri, skutik ini didesain retro modern dengan gaya casual.

Tampilan dari Honda Genio yang compact dan modern ternyata dipengaruhi oleh bentuk desainnya sendiri. Tengok saja bagian lampu utama, spakbor depan, dan cover setangnya yang meruncing.

Selain itu, penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang merupakan teknologi baru Honda yang baru pertama kali diimplementasikan di Indonesia ini membuat Honda Genio semakin ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Ternyata frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. Sehingga tak heran apabila rangka baru ini mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 liter dan Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Perlu diketahui, Honda Genio mempunyai dimensi dengan panjang 1.869 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm. Dari segi bobot ternyata juga cukup ringan, 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk varian CBS-ISS. Menariknya berat ini ternyata lebih ringan 10 kg dari Honda Scoopy.

Fitur Honda Genio
Fitur Honda Genio

Tak hanya desain yang menawan dan memikat penglihatan, nyatanya fitur dari Honda Genio juga akan memanjakan pengendara. Cukup banyak teknologi canggih yang telah disematkan ke skutik terbaru Honda ini.

Dari sisi depan, Honda Genio sudah menggunakan lampu LED. Sedangkan kaki-kakinya sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman CBS (Combi Brake System), serta ada teknologi ISS (Idling Stop System) juga untuk varian tertinggi.

Untuk memudahkan informasi sepeda motor, sudah dilengkapi juga Honda Genio dengan speedometer digital yang memberikan berbagai informasi, di antaranya petunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO untuk panduan berkendara efisien.

Tak ketinggalan juga charger smartphone yang pastinya akan memudahkan pengendara dalam pengisian daya. Tidak hanya itu, motor ini juga dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas dengan ukuran 14 liter.

Tak hanya fitur-fitur tadi, masih ada fitur keamanan yang telah disematkan di Honda Genio. Faktor kemanannya ditunjang dengan fitur secure key shutter, serta tombol pembuka jok yang praktis. Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan brake lock, CBS, dan side stand switch.

Fitur yang diusung cukup canggih untuk kelas motor 110cc, lalu bagaimana dengan harga Honda Genio? Untuk itu cek harga Honda Genio di ulasan berikutnya.

Mesin Honda Genio
Mesin Honda Genio

Berbicara motor Honda, yang paling diingat adalah keiritannya. Namun bagaimana dengan Honda Genio yang diluncurkan Jumat (21/6) ini?

Nama besar Honda serta jaminan kualitas mesinnya sudah tidak usah diragukan lagi, begitu juga untuk motor Honda Genio. Tak tanggung-tanggung, skutik dengan desain retro ini menggunakan mesin eSP 110cc generasi terbaru.

Pastinya motor Honda Genio juga hemat konsumsi bahan bakar seperti motor Honda lainnya, serta tak ketinggalan adalah suguhan performa optimal yang didapatkan pengendara.

Jika menggunakan mesin bersilinder 110cc, tenaga yang dihasilkan dari Honda Genio tidak akan jauh berbeda dengan Scoopy. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga sebesar 9,1 Ps pada 7.500 rpm dengan torsi 9,4 Nm di 6.000 rpm.

Perlu diketahui juga, Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0 sampai 200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/jam.

Dengan spsesifikasi mesin seperti ini, apa nantinya harga Honda Genio tak akan jauh berbeda dengan Scoopy. Otolovers bisa mengetahui harga Honda Genio tersebut di ulasan selanjutnya.

Spesifikasi Honda Genio
Spesifikasi Honda Genio

Berada di bawah Honda Scoopy, apa nantinya spesifikasi Honda Genio tak sebanding dengan yang pendahulunya tersebut. Padahal tujuan dari diluncurkannya skutik ini ke Indonesia salah satunya adalah mengulang sukses Scoopy.

Tentunya Honda tak akan meluncurkan tanpa perhitungan terlebih dahulu. Spesifikasi yang disematkan sudah pasti tak main-main dan bisa dibilang akan mampu menarik perhatian para milenial.

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Honda Genio.

Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP

Performa: 9,0 PS / 7.500 rpm (tenaga), 0,95 kgf.m / 5.500 rpm (torsi)

Rangka: Underbone - eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )

Suspensi: Telescopic (depan), Swing Arm dengan Suspensi Tunggal (belakang)

Ukuran Ban: 80/90 - 14 M/C Tubeless (depan), 90/90 - 14 M/C Tubeless (belakang)

Rem: Cakram Hidrolik Piston Tunggal (depan), Tromol (belakang)

Dimensi: 1.869 mm (panjang), 692 mm (lebar), 1.061 mm (tinggi) 

Sumber: otosia