Foto-foto Buram Motor Cina Tempo Dulu yang Bikin Terenyuh Ingat Masa Lalu

Motorgue, 25 Jun 2020
  • Foto-foto Buram Motor Cina Tempo Dulu yang Bikin Terenyuh Ingat Masa Lalu
    Foto-foto Buram Motor Cina Tempo Dulu yang Bikin Terenyuh Ingat Masa Lalu
Sejarah panjang dunia otomotif Indonesia, baik roda dua atau empat memang selalu menarik dikenang. Apalagi kini sudah eranya kendaraan klasik.

Pastinya tidak hanya merek asal Jepang, Eropa, atau Amerika saja, tetapi juga brand dari Cina. Kendaraan yang berasal dari negara Tirai Bambu sudah banyak berkeliaran di jalanan Tanah Air. Ada model skubek atau skuter bebek hingga cruiser yang mirip Harley Davidson.

1. Kymco Free LX

Nampaknya memang Kymco Free LX ini adalah pelopor jetmatic di Indonesia. Itu sangat terlihat dari segi desain yang cukup sporty dan ramping. Apalagi motor ini sendiri pernah dapat penghargaan desain skubek (skuter bebek) terbaik 2006.

2. Shanghai Smart
Motor bebek memang dulu sangat mendominasi jalanan. Model skubek masih jarang ditemui. Kalau produk Cini Shanghai Smart ini nampaknya mirip Suzuki Smash ya Otolovers?

3. Shanghai Jetta 125
Ada satu lagi nih motor dari merek Shanghai, yakni Jetta 125. Jika dilihat seksama, cukup mirip juga dengan Yamaha Jupiter generasi pertama.

4. Shanghai Focus
Meski dilihat dari desain cukup mirip dengan Yamaha F1 ZR, namun soal spesifikasi lainnya berbeda.

Diketahui, motor bebek Yamaha tersebut merupakan motor 2 tak. Sedangkan Shanghai Focus merupakan kendaraan roda dua 4 tak, tetapi pakai knalpot 2 tak.

5. Zongshen ZS110-26

Motor bebek ini cukup menarik lho Otolovers. Jika dilihat tampak desain velg berbentuk bunga. Mesinnya pun sudah 4 tak, namun masih pakai knalpot 2 tak.

6. Kymco Cevira
Nampaknya produk dari Cina selalu miliki fitur modern, seperti pada Kymco Cevira. Sudah disematkan beberapa fitur canggih dan pertama di Indonesia, salah satunya kunci tuas gas. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi monoshock dan rem cakram ganda.

7. Sanex Motor
Ada tiga motor Sanex yang ditawarkan pada masanya. Ada skubek hingga model cruiser yang mirip dengan Harley Davidson. 

Sumber: otosia