Mengenal Teknologi Holeshot Device Racikan Yamaha

Motorgue, 24 Jun 2020
  • Mengenal Teknologi Holeshot Device Racikan Yamaha
    Mengenal Teknologi Holeshot Device Racikan Yamaha
SEPANG - Perkembangan teknologi sepeda motor belakangan ini terus menanjak pesat, tak jarang teknologi yang diaplikasikan pada motor balap yang digunakan di MotoGP turut di sematkan pada beberapa model sepeda motor produksi massal.

Produsen seperti Yamaha sendiri tak henti melakukan pengembangan teknologi sepeda motor, salah satunya yakni teknologi Holeshot Device. Teknologi terbaru tersebut meski saat ini diaplikasikan pada tunggangan para pebalap MotoGP tim Yamaha melalui motor YZR-M1, tak menutup kemungkinan bisa diadopsi pada motor produksi massal.



Teknologi Holeshot Device sendiri merupakan  perangkat yang bisa membantu melakukan start dengan baik. Dalam video unggahan tersebut, Kohta Nozane terlihat menekan sebuah tombol yang berada di sebelah kiri dekat dengan tangki bensin yang diduga adalah tombol untuk mengaktifkan fitur baru ini.

Adapun cara kerja dari fitur Holeshot Device milik Yamaha ini yaitu dengan menekan suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Kompresi tersebut membuat bagian belakang motor jadi lebih rendah, dan kemudian mengunci. Dengan posisi tersebut, pada saat start diharapkan dapat mengurangi ban depan terangkat (wheelie), yang mana merupakan salah satu yang membuat start menjadi buruk.

Terkait akan bocoran video yang diunggah tersebut, dari pihak Yamaha sendiri belum mengungkapkan apakah perangkat baru yang tertangkap kamera saat tes pramusim MotoGP 2020 Sepang kemarin benar adanya.

Perlu diketahui, bahwa fitur baru milik Yamaha ini sejatinya bukan lah yang pertama kali ditemukan dalam ajang balap Motogp. Fitur serupa diketahui telah lebih dulu digunakan oleh tim Ducati. Berbeda halnya dengan Yamaha, untuk pengoperasiannya Ducati terletak di bagian segitiga atas kemudi.
Sumber: okezone