Mesin 2 Tak Rasa Kawasaki Ninja Bodi Kawasaki Kaze

Motorgue, 06 Jul 2020
  • Kawasaki K-1 standart
    Mesin 2 Tak Rasa Kawasaki Ninja Bodi Kawasaki Kaze
Bodinya Kawasaki Kaze banget, mesinnya 2-tak rasa Kawasaki Ninja, ini motornya. Bikers pasti gak asing nih sama motor bebek lansiran pabrik yang identik dengan warna hijau. Namanya Kawasaki Kaze, motor yang pernah hits akhir tahun '90-an hingga tahun 2000-an. Tapi bikers tau gak rupanya Kawasaki Kaze punya kembaran nih, Kawasaki K-1 namanya. Tampilan dari Kawasaki K-1 adalah bodinya kembar dengan Kawasaki Kaze/Kaze R bermesin 2-Tak ber-DNA Kawasaki Ninja.

Mendengar nama Kawasaki sebagian orang pasti langsung identik dengan sosok motor yang terkenal dengan kecepatannya yaitu Kawasaki Ninja R, RR atau pun Ninja 250. Namun jangan salah di Indonesia Kawasaki pun punya jenis motor bebek andalan yang sempat populer di tahun 1997-2000, yaitu Kawasaki Kaze/Kaze-R. Motor berjenis bebek dengan mesin 4-Tak SOHC berkubikasi 110 cc ini menjadi salah satu pilhan motor bebek yang terkenal lincah pada zamannya. Mungkin belum banyak yang tahu nih ada motor bebek Kawasaki K-1.

Tampilan bisa disangka Kaze tapi ternyata pakai mesin 2-Tak. Memang kalau cuma lihat bodi Kawasaki K-1 pasti disangka Kaze series, tapi dijamin baru ngeh mesinnya 2-Tak kalau lihat lekuk knalpotnya. Kawasaki K-1 dan dijual bebas di Thailand dan Malaysia dari tahun 1997 hingga 2003. Yang masuk ke Indonesia memang enggak terlalu banyak dan rata-rata dipakai buat balap road race saat itu. Kalau melihat mesinnya, dibekali dapur pacu berkapasitas 107 cc yang speknya jelas lebih superior dibanding Kaze 4-Tak.Power Kawasaki K-1 tercatat mencapai 12,5 dk dan torsinya 11,2 Nm. Jelas dengan spek itu malah bisa ngadu tarikan dengan motor 150 cc 4-Tak. Apalagi kalau melihat bobotnya yang hanya 94 kg, pastilah punya tarikan awal yang njengat.

Namun demikian, lucunya Kawasaki K-1 aslinya bukan didesain sebagai motor balap tapi motor harian. Makanya Kawasaki K-1 punya versi standar yang tidak dibekali kopling manual dan hanya punya 4-percepatan saja. Sayang sih, motor ini enggak sempat beredar luas di Indonesia. Padahal satu zaman sama Yamaha F1Z/F1ZR dan Suzuki Satria R.  Kalau kamu pernah lihat motor ini di jalanan Indonesia, bisa jadi karena dibeli lewat importir umum (IU) atau bekas motor balap road race yang direstorasi. Dijamin Kawasaki K-1 sekarang pasti jadi incaran kolektor motor 2-Tak.
Sumber: