Jerman Usulkan Pembatasan Suara Knalpot Motor

Motorgue, 24 Jun 2020
  • Jerman Usulkan Pembatasan Suara Knalpot Motor
    Jerman Usulkan Pembatasan Suara Knalpot Motor
STUTTGART - Pemerintah daerah di Jerman memasang rencana denda kepada pengguna sepeda motor berknalpot bising. Regulasi usulan pemerintah wilayah Baden-Wurttenburg, Jerman itu mengatur suara knalpot motor tidak boleh melebihi 78 db.

Belum ada bahasan mengenai besaran denda, yang dikenakan kepada pemilik motor dengan knalpot bising melebihi batas itu. Namun, kajian mengenai aturan ini masih akan khusus berlaku di wilayah pemukiman padat agar tidak mengganggu warga setempat.

Menteri Transportasi Jerman, Winfried Hermann, mengakui sudah mendapat banyak komplain terkait kebisingan sepeda motor di negaranya. Solusi yang diajukan Winfried sendiri adalah pelarangan peredaran perangkat knalpot selain bawaan pabrik. Begitu juga modifikasi pada perangkat orisinil dengan maksud mengeluarkan bunyi kencang.

Terdapat dorongan untuk melakukan pembatasan, melalui penggunaan teknologi deteksi suara di beberapa titik. Langkah ini dianggap lebih efektif untuk membatasi gangguan terkait kebisingan sepeda motor di lokasi pemukiman atau padat penduduk.

Kebijakan seperti itu sudah dilakukan oleh Prancis menggunakan teknologi radar bernama Medusa. Seperti dilansir dari laman Visordown, konsep tersebut menjadi inspirasi pembatasan untuk negara lain seperti Inggris. Begitu juga ide pemasangan perangkat peringatan tingkat kebisingan pada tiap unit motor.
Sumber: okezone