Skutik Terbaru SYM Bisa Jadi Penantang Vespa LX

Motorgue, 30 Apr 2020
  • Skutik Terbaru SYM
    Skutik Terbaru SYM Bisa Jadi Penantang Vespa LX
Jakarta - SYM Fiddle 125i menjadi produk terbaru yang dirilis Sanyang Motor alias SYM. Skutik ini telah dikenal bagi masyarakat di Taiwan, karena memang sudah diedarkan cukup lama. Hanya saja kali itu penampilannya sangat jauh berbeda dari yang sekarang.

Sebagai contoh ornamen yang tampak di tebeng depan. Lalu hiasan DRL yang mengelilingi lampu sein serta desain jok rata depan-belakang.

Jika saja SYM memasarkannya di Indonesia, rasanya kurang menarik. Terlebih saat menyandingkannya dengan produk buatan Vespa. Namun hal tersebut sepertinya coba mereka patahkan lewat versi paling anyar Fiddle 125i. Maturasi desainnya jelas terlihat, dengan penampilan yang lebih kalem namun terkesan mewah.

Dapat ditemui pada penerapan unsur krom di bagian cover headlamp dan spion. Lalu mereka juga menghilangkan ornamen yang sebelumnya 'mengganggu' raut muka si skuter. Pun halnya dengan lampu sein. Tampak kurang elok lantaran bentuknya terlampau kaku. Meski tak dipungkiri bentukannya sekarang identik dengan sein kepunyaan Vespa LX 125.

Fasad juga menarik lantaran Fiddle 125i 2020 menggunakan tepong model baru. Desain milik SYM tampak aerodinamis karena tidak ada tekukan garis seperti kepunyaan kompetitor. Foot step untuk menyangga kaki penumpang masih tetap dipertahankan.

Posisi duduk motor Taiwan ini, sekarang turut berubah. Tidak lagi datar, melainkan dibentuk supaya lebih nyaman. Misalnya pada area pengemudi. Dibuat ramping pada bagian samping untuk memudahkan pengendara, terutama saat berhenti di lampu merah.

Dengan begitu, kaki tak perlu jinjit selama menahan motor. Perubahan juga berlaku buat jok penumpang. Selain tinggi, sudah pasti empuk dengan busa yang lebih tebal.

Berkat ubahan itu, mestinya terjadi perubahan impresi berkendara yang signifikan. Termasuk kala memandangi panel meternya. Penyajian informasi dasar kendaraan sepenuhnya baru dan sudah full digital.

Penunjuk kecepatan mendapat porsi paling dominan, baru kemudian diikuti keterangan BBM dan trip meter. Ada pula dua tombol pengaturan di bagian bawah LCD. Sementara indikator lain mengelilingi area tersebut. Jauh berbeda dibandingkan panel meter Fiddle lawas yang justru didominasi penunjuk jarum manual (analog).

Sumber: liputan6