Beberapa Pilihan Motor Skutik 125 cc Bisa Muat Helm Full Face

Motorgue, 04 Jul 2020
  • yamaha freego dan honda vario 125
    Beberapa Pilihan Motor Skutik 125 cc Bisa Muat Helm Full Face
Motor jenis skutik memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi rider saat berpindah dari titik A ke titik B. Seiring berkembangnya zaman, pabrikan juga mulai meningkatkan fitur kepraktisan, salah satunya bagasi. Tidak hanya untuk menaruh barang bawaan, bahkan ada yang mampu menelan helm jenis full face. Berikut pilihan motor bertansmisi otomatis di bawah 125 cc yang punya ruang penyimpanan besar.


Yamaha FreeGo

Di kelas skutik 125 cc, Yamaha FreeGo menyandang predikat dengan bagasi paling luas. Bahkan lebih besar kapasitasnya dibanding NMax. Ukurannya 25 liter, sehingga dapat membawa barang keperluan dengan banyak. Helm jenis full face pun sangat mudah ditelannya, dan masih ada ruang sedikit untuk beberapa benda pendukung riding seperti jaket atau sarung tangan.

Cara meletakkannya cukup mudah, posisi helm harus menghadap ke atas bukan sebaliknya. Jika tidak, maka jok tidak bisa tertutup. Dan tidak semua jenis helm bisa masuk ke dalam ruang penyimpanan FreeGo. Skutik 125 cc ini pertama kali meluncur dalam gelaran IMOS 2018. Diferensiasi dengan kompetitornya ada pada penempatan tangki bensin yang berada di dek. Namun jangan khawatir, meski posisi di bawah sudah diberi cover pelindung dari pelat baja yang cukup tebal.

Yamaha FreeGo membawa mesin Blue Core 125 cc dilengkapi fitur smart motor generator (SMG) yang membuat bunyi starter lebih halus. Teknologi start stop system (SSS) turut melekat pada motor itu. Selain itu terdapat pula electric power socket buat mengisi ulang baterai ponsel. Untuk varian tertingginya sudah dipasangkan ABS dan smart key. Di dalam kunci pintar itu telah disisipi immobilizer dan answer back system, lebih aman dari aksi pencurian dan memudahkan dalam menemukan motor saat berada di parkiran.

Urusan dapur pacu, skutik Yamaha ini bermesin 125 cc SOHC dan dapat memuntahkan tenaga sebesar 9,3 Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm di 5.500 rpm. Soal varian, Yamaha FreeGo terbagi atas 3 pilihan: standard, S version, dan S yang sudah ada ABS. Masing-masing dibanderol Rp 19,275 juta, Rp 20,815 juta, dan Rp 23,190 juta OTR Jakarta.

Yamaha Mio Soul GT


Selain FreeGo, Yamaha juga punya skutik 125 yang bagasinya terbilang luas. Ia adalah All New Soul GT. Dengan kapasitas 14 liter maka ruang penyimpanan di bawah jok bisa untuk menyimpan helm open face tanpa visor. Tapi tidak semua jenis pelindung kepala itu bisa masuk, hanya yang punya ukuran shell (batok) kecil saja. Terdapat pula kompartemen di depan untuk menaruh barang kecil, seperti pada kebanyakan skutik.

Fiturnya ada Smart Lock System, Side Stand Switch, dan andalannya AKS (Advanced Key System) dan SSS (Stop Start System) khusus varian tertinggi. AKS berguna di sektor keamanan karena dapat meminimalisir tindak pencurian. Di dalamnya terdapat teknologi answer back, memudahkan pemilik menemukan kendaraannya di parkiran. Sedang SSS membuat mesin mati secara otomatis saat berhenti lebih dari 5 detik. Fitur ini bisa dimatikan dan tombolnya berada di stang bagian kanan.

Mesinnya berkapasitas 125 cc menggunakan teknologi Blue Core, SOHC, berpendingin cairan dengan sistem pembakaran fuel injection. Mesin satu silinder miliknya mampu mengeluarkan torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,5 hp di kitiran 8.000 rpm. Banderolnya Rp 17,8 juta untuk tipe tertinggi dan Rp 17,3 juta OTR Jakarta buat varian standar.

Honda Vario 125


Bicara soal bagasi, Honda punya Vario 125 yang mampu menampung satu buah helm full face. Untuk ukuran sama dengan yang berkapasitas 150 cc, yakni 18 liter. Tentu tidak semua jenis helm tertutup bisa masuk. Karena setiap pabrikan pelindung kepala punya ukuran shell (batok) yang berbeda-beda.

Tambahannya ada double inner rack di depan. Bagian kiri bisa menaruh botol minum, dan kanan muat untuk sarung tangan. Kemudia ada pula gantungan alias hook, bisa digunakan untuk barang-barang termasuk menaruh belanjaan. Fiturnya ada Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS) khusus varian tertinggi dan Side Stand Switch. Tipe termahal juga telah dibekali remote yang di dalamnya disisipi Anti Theft Alarm dan Answer Back System Berguna untuk mengetahui letak posisi motor saat parkir. Ditambah pula pengaman kunci bermagnet yang efektif mencegah pencurian. Rumah kuncinya sudah terintegrasi dengan tombol pembuka bagasi.

Jantung mekanisnya satu silinder SOHC liquid-cooled berkapasitas 124,8 cc dan dilengkapi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power). Konfigurasi itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 11 Hp di 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm. Tersedia dua pilihan dengan harga berbeda. Buat tipe CBS dibanderol Rp 20,6 juta dan CBS-ISS Rp 21,505 juta OTR Jakarta.

Itulah beberapa skutik di bawah 125 cc yang memiliki bagasi besar. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis helm open face, atau sama-sama full face bisa masuk ke bagasi motor-motor di atas. Karena semua tergantung model helmnya. Di lain sisi, mereka juga telah dibekali dengan fitur penunjang kepraktisan yang sebanding dengan harga.
Sumber: oto