Gas Kawasaki Z800 Full Power Dengan Penambahan SC-Project AFM

Motorgue, 28 May 2020
  • Kawasaki Z800
    Gas Kawasaki Z800 Full Power Dengan Penambahan SC-Project AFM
Kawasaki Z800 dan Ducati Monster makin ngacir dengan penambahan SC-Project AFM atau Air Fuel Modifier. Memiliki moge seperti Kawasaki Z800, Ducati Monster, Ducati Streetfighter, MV Agusta F3, MV Agusta Brutalle bisa merasakan nikmatnya tampilan juga tarikan.

Namun jika dihinggapi rasa ingin agar dayanya bisa terasa meningkat lagi, terutama di awal, supaya bisa lekas selepas lampu merah, maka ada sejumlah cara yang diterapkan. Salah satunya dengan memasangkan SC-Project AFM (Air Fuel Modifier). Perangkat ini memiliki knob pengatur daya sesuai dengan seberapa kuat tarikan awal yang diinginkan.

Menariknya, perangkat ini tinggal colok sesuai dengan kabel-kabel yang tersedia pada motor-motor di atas. "Ini tidak harus pakai knalpot SC Project, SC AFM ini bisa buat motor standar ataupun yang sudah ganti knalpot khusus untuk model-model di atas. Apalagi kalau punya moge, tapi sulit cari tempat dyno dan setting," kata Bro Ron dari DuniaMotor yang memasarkan perangkat ini.

Cukup pilih model AFM yang sesuai motor-motor di atas, lalu tinggal colok-colok kabelnya sesuai colokan yang tersedia di motor. Atur sendiri level putar yang ada di knob-nya. Di sana ada level 2-10. Makin tinggi levelnya, gas spontannya makin terasa.

"Pada prinsipnya, SC-Project AFM ini menyetel masuknya udara dan bahan bakar. Lalu pengatur di dalamnya akan memanipulasi sensor oksigen supaya tetap dianggap dingin, tetapi sebenarnya air fuel sudah rich atau banyak. Makanya, power lansung keluar," kata dia. Jumlah kabel perangkat berharga Rp 4.500.000 ini menurutnya sudah sesuai kabel di motor, yakni untuk sensor oksigen, injektor, ECU, dll. Cukup kekinian, semua serba dibuat mudah.

Sumber: otosia