Honda Vario Generasi Pertama Langka di Indonesia

Motorgue, 28 Jun 2020
  • Honda Vario
    Honda Vario Generasi Pertama Langka di Indonesia
Pasti banyak yang enggak tau, Honda Vario tipe ini langka di Indonesia. Karena langka, Honda Vario satu ini cocok buat dijadikan koleksi. Sebelum Honda Beat berjaya, PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali meluncurkan motor matic Honda Vario. Honda Vario diluncurkan sebagai penjegal Yamaha Mio. Pada waktu itu, Yamaha Mio lagi jaya-jayanya menguasai pasar motor Tanah Air. Generasi Honda Vario pertama muncul pada Agustus 2006, mengusung mesin 110 karburator dan pendingin air.

Honda Vario generasi pertama ini belum bisa menaklukkan Yamaha Mio yang masih berjaya ketika itu. Honda Vario karburator ini sampai 2013 dan masih dijual di pasaran Indonesia. Nah, kemudian muncul generasi kedua yang disebut sebagai varian Honda Vario 110. Namanya Honda Vario Techno 110 yang muncul dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Masih memakai karburator dan pendingin air, secara spek juga sama persis dengan keluaran pertama. Honda Vario Techno 110 bisa dibilang langka, karena masa produksi dan jualannya. Honda Vario Techno 110 muncul dari tahun 2009 sampai 2013.

Motor matic itu dijual hanya dalam waktu 5 tahun, alias lebih singkat dari generasi pertama. Uniknya, Honda pertama kali memasang sistem pengereman CBS (Combi Brake System) di motor matic. Sistem CBS pertama dikeluarkan di Honda Click atau Honda Vario versi Thailand. Meski menyematkan mesin yang sama dengan generasi pertama, body Honda Vario Techno lebih besar alias gambot. Kombinasi antara tenaga kecil dan body lebih berat, membuat motor matic ini dibilang pemiliknya sangat boros.
Sumber: