Komponen Yang Bisa Bikin Aki Motor Tekor

Motorgue, 18 Jun 2020
  • aki motor
    Komponen Yang Bisa Bikin Aki Motor Tekor
Aki motor baru diganti tapi masih sering tekor? Bisa jadi komponen ini mulai rusak. Kalau aki sering tekor, biasanya biker cukup mengganti aki baru. Tapi, kalau sudah diganti atau di-charge masih suka tekor, harus waspada. Bisa jadi spul motor mulai rusak atau gosong. Spul motor yang mulai rusak biasanya tidak terlalu disadari pemotor. Soalnya, posisi spul motor tertutup dan pengecekannya harus memakai multitester.

Tapi biasanya spul motor yang mulai rusak atau gosong muncul beberapa tanda. Hal tersebut dijelaskan Doli Pratama dari bengkel Subur Motor.
Yang paling umum adalah aki motor yang tekor terus-menerus, ungkap Doli Pratama alias Batak. Misal sudah diganti atau di-charge tapi sering tekor, waspada spul mulai gosong, lanjutnya. Memang bisa jadi kiprok yang bermasalah, tapi spul bisa jadi salah satu penyebab aki tekor terus-menerus, tambah Batak yang buka di daerah Warakas, Tj Priok, Jakarta Utara. Selain itu, motor sulit dihidupkan terutama ketika pagi hari atau mesin masih dingin.


Kalau misal panas gampang hidupnya, tapi kalau pagi hari lumayan sulit itu bisa jadi petanda juga spul mulai bermasalah," tambahnya. Lalu bisa dicek juga apakah lampu motor jadi redup atau bahkan mati. Kalau bohlamnya tidak apa-apa tetapi cahayanya redup atau bahkan mati itu juga jadi ciri spul motor bermasalah, tambahnya lagi. Memang agak-agak sulit mendeteksi kerusakan spul, tetap disarankan cek pakai multitester untuk mendeteksinya, tambah Batak. Namun, beberapa ciri tadi bisa diingat sebagai deteksi awal sebelum lakukan pengecekan menggunakan multitester.
Sumber: