Motor KTM dengan model terbaru, siap dirilis mulai 2022

Motorgue, 27 Jun 2020
  • KTM 500 cc
    Motor KTM dengan model terbaru, siap dirilis mulai 2022
KTM akan meluncurkan jenis motor terbarunya pada tahun 2022. Belum disebutkan spesifikasi jenis motor yang akan keluar tersebut, namun, isu yang berkembang, motor tersebut akan mengarah kepada jenis motor Duke dan Naked sport. KTM di pabrikan Austria sudah menemukan titik terang terkait munculnya motor ini dipasaran. Pihaknya sudah menginformasikan, bahwa motor tersebut diluncurkan ke pasaran mulai 2022. Mengingat motor yang sedang di gandrungi saat ini adalah motor mid-size.

KTM pun belum menjelaskan mengenai motor jenis apa yang akan dipasarkan di tahun 2022 tersebut. Sampai saat ini prediksi paling kuat tentu mengarah pada motor jenis Duke, naked sport, dan motor lainnya yang sedang digandrungi saat ini. Untuk jenis mesin yang dipakai, paling memakai yang  125 cc sampai 390 cc, langsung lompat ke 790 dan Super Duke 1290. Mungkin saja 500 akan di terapkan di motor ini.

Duke dan RC menjadi sasaran pula, karena kedua jenis motor itu kini membagi platform nya. Untuk kasta tertingginya ia memakai di seri 390 jenis desain sport fairing. Sembilan puluh persen sama. Kedua motor tersebut akan menjadi daya tarik bagi pemotor, dan akan menjadi lebih besar pula.
Belum diketahui juga nama yang akan dipakai. Namun prediksi kami, semuanya pasti diberi embel-embel 490, alias bukan nominal bulat. Sementara jenisnya mengikuti, seperti: Duke 490, RC490, Adventure 490 dan seterusnya.

Konfigurasi mesin sendiri belum banyak dibocorkan. Pierer hanya mengatakan jenisnya dua silinder paralel, serta mengandalkan liquid cooler untuk manajemen suhu. Dari pernyataan ini, hampir pasti seluruh rangka juga baru. Basis 390 cc satu silinder agaknya terlalu kecil, sementara jika meminjam milik 790 cc pun kebesaran, sekaligus berat. Over engineered untuk dapur pacu menengah.

Sementara soal produksi, varian menengah diserahkan pada mitra – sekaligus pemilik 48 persen saham KTM – Bajaj. Layaknya line up 390 cc ke bawah yang selama ini diprakarsai pabrik India. Sang bos juga mengakui, menunjuk Bajaj mengakomodir produksi tak lepas dari dampak pandemi terhadap kondisi ekonomi.

Bukan berarti insinyur Austria tinggal diam. Rancang bangun mesin tetap menjadi tanggung jawab tim riset dan pengembangan KTM. Berikut menangani desain, sampai pengujian motor baru. Hanya saja lokasi kegiatan ini dilakukan sepenuhnya di markas Bajaj, Pune, India.
Sumber: oto