Motor Listrik Bentley meluncurkan Desain motornya

Motorgue, 26 Jun 2020
  • Inikah Desain Motor Listrik Bentley?
    Motor Listrik Bentley meluncurkan Desain motornya
Motor Listrik Bentley menghadrikan Desain yang selalu menawan, dipadu nama besar di kelas royal, membuat mobil-mobil Bentley tak pernah kehilangan taji. Namun bagaimana jika keunggulan ini ditampilkan pada motor?
Thomas Angebault mencoba menawarkan solusinya. Kemewahan Bentley disajikan pada desain motor listriknya. Ia pertama kali mengunggah hasil karyanya itu ke media sosial instagram. Desain yang dibuatnya sangat tak lazim jika dibanding dengan motor yang ada sekarang. Rupanya benar-benar futuristis, karena menggabungkan gaya neo retro sepeda motor dengan lekukan ciri khas mobil Bentley.

proyek yang ia garap ini diberi julukan Hooligan atau Voltage Racer. Diwujudkan dengan tampilan gaya balap retro dan mengindikasikan bertenaga listrik. Desainnya sangat mengesankan karena tampak seperti perenang yang melompat menembus ombak. Siluetnya menyerupai tangan terbentang ke depan dan siap menyelam ke dalam secepat mungkin. Keunikan konsep inilah yang membuatnya menjadi pusat perhatian.

Bagian depan Hooligan memiliki desain yang mengingatkan kita pada Bentley Blower yang dipakai di ajang balap Le Mans pada 1930. Memiliki dua buah lampu besar berbentuk bulat, dan sudah berteknologi LED. Di belakang roda bagian depan terdapat tameng yang menyerupai grill mobil balap Bentley 4.5 liter, lengkap dengan logo di atasnya.
Bagian tangki motor listrik ini memanjang dipadu dengan jok model balap yang minimalis. Mirip dengan interior Bentley roda empat, tempat duduk pengemudi tampak mewah dengan bahan kulit. Pola pada kursinya kemungkinan besar dijahit manual dengan tangan. Supaya terlihat ekslusif dan mencerminkan kendaraan mewah. Skema cat yang diberikan juga masih terisnpirasi dari mobil balap Blower, British Racing Green.

Alih-alih garpu konvensional, justru ia menggunakan swingarm depan (atau sistem kemudi hubless) dengan suspensi yang terletak di bawah. Paling menarik ada di bagian roda depannya, karena menggunakan model orbital. Tak ada palang atau ruji untuk menopang pelek yang bundar. Konsep wheeled flying yang dipasang memperlihatkan desain yang cukup rumit. Bahkan bukan tidak mungkin kuda besi ini menggunakan sistem penggerak dua roda atau all-wheel drive.

Untuk bagian peredam kejut belakang memanfaatkan suspensi laydown unik. Rem cakram yang disematkan juga terlihat luar biasa. Diameternya hampir menutupi bibir pelek. Sementara roda belakang tertutup rapi dan berprofil lebar.

Sebenarnya ini bukan rancangan Bentley sesungguhnya, melainkan hasil rendering dari Thomas Angebault yang sudah beberapa kali merancang kendaraan futuristis. Dirinya hanya ingin memberi petunjuk bagaimana jadinya jika mobil asal Inggris bertransformasi ke sepeda motor masa depan.

Ini bukan pertama kalinya pria asal Perancis itu mendesain sepeda motor modern. Sebelumnya dia juga pernah merancang kuda besi Bugatti, BMW dan Tesla Cyber Bike. Dirinya cuma bisa berharap kalau desainnya ini bisa menginspirasi pihak Bentley untuk mewujudkannya kelak. Pasalnya pabrikan mobil asal Inggris lainnya sudah lebih dulu merilis sepeda motor listrik meski masih dalam status konsep. Sebut saja Lotus model C-01 dan Aston Martin dengan Brough Superion serta AMB 001.

Di lain sisi, Bentley sebetulnya memiliki ambisi untuk menyediakan opsi elektrifikasi untuk seluruh lini model. Namun hingga saat ini mereka beralasan belum yakin dengan teknologi baterai yang tersedia saat ini. Dan belum terpikirkan untuk menggarap sebuah sepeda motor. Tapi setidaknya mereka dapat menemukan solusi atas masalah teknologi baterai itu paling cepat lima tahun ke depan.
Sumber: oto