Motor Yamaha Bekali Dengan Teknologi Baru Untuk Saingi Kawasaki

Motorgue, 25 Jun 2020
  • Yamaha MT-10 Sport Adventure
    Motor Yamaha Bekali Dengan Teknologi Baru Untuk Saingi Kawasaki
Motor Yamaha Bekali Dengan Teknologi Baru Untuk Saingi Kawasaki. Sebelumnya Kawasaki masih menjadi pelopor penggunaan force air intake untuk sepeda motor.

Tentu saja teknologi itu disematkan pada superbike Kawasaki H2. Tenaganya tergantung pada versinya. Mesin 1.000cc supercharged milik Kawasaki menghasilkan tenaga antara 200 hp dan lebih dari 300 hp.

Rupa-rupanya, kini Yamaha tengah melakukan hal serupa. Diketahui bahwa Yamaha sedang meneliti dan mengmbangkan mesin turbocharged untuk generasi sepeda motor yang akan datang.

Pabrikan berlambang garpu tala itu disebut tengah mempertimbangkan dua jenis pengaturan turbocharger untuk meningkatkan daya mesin. Tampaknya memasang turbocharger di mesin sebelah knalpot yang dipilih.

Hal itu seringkali dipakai untuk mobil. Selain itu, desainnya memiliki ukuran yan glebih compact dan biaya produksi yang lebih rendah.

Harus Lolos Uji Emisi

Tapi Yamaha juga masih menghadapi permasalahan soal emisi. Apalagi di Eropa, soal standar emisi sangat ketat. Maka itu, mesin turbocharged baru Yamaha harus lulus uji polusi terlebih dahulu, jika akan dipasang pada kendaraan komersial.

Dengan teknologi mesin baru itu, Yamaha menjanjikan peningkatan daya yang signifikan untuk sepeda motor komersial yang diluncurkan dalam waktu dekat. Seperti Yamaha MT-10 atau Yamaha R1.

Saat ini, Yamaha belum mengonfirmasi waktu peluncuran model yang menggunakan mesin turbocharged mereka. Tapi juga perlu diketahui bahwa Yamaha pernah memiliki sepeda motor menggunakan mesin turbocharged.

Sepeda motor itua dalah Yamaha XJ650 yang dirilis pada tahun 1982. Saat itu, XJ650 menggunakan mesin berkapasitas 653cc 4-silinder. Hanya saja, motor sport itu hanya bertahan 2 tahun saja. 

Sumber: otosia