Review dan Spesifikasi Yamaha Vixion Juli 2020

Motorgue, 05 Jul 2020
  • Yamaha vixion
    Review dan Spesifikasi Yamaha Vixion Juli 2020
Motor Yamaha Vixion menjadi menjadi andalan pabrikan Yamaha di segmen naked bike. Mulai diperkenalkan dan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2007 lalu. Dan motor Yamaha Vixion langsung menggebrak pasar sepeda motor, dikarenakan motor Yamaha Vixion merupakan motor injeksi pertama yang diproduksi YIMM. Motor Yamaha Vixion menjadi menjadi andalan pabrikan Yamaha di segmen naked bike. Mulai diperkenalkan dan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2007 lalu. Dan motor Yamaha Vixion langsung menggebrak pasar sepeda motor, dikarenakan motor Yamaha Vixion merupakan motor injeksi pertama yang diproduksi YIMM.

Kehadiran motor Yamaha Vixion tentu mengusik rival abadinya, pabrikan Honda. Bahkan pada tahun 2016 lalu, motor Yamaha Vixion mencatat penjualan yang cukup banyak dan meninggalkan Honda CB150R untuk periode yang sama. Dan pada tahun 2016 tersebut, motor Yamaha Vixion menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia. Motor andalan Yamaha ini sudah beberapa kali mengalami penyegaran, entah itu dari desain sampai performa. Tidak hanya itu, motor Yamaha Vixion juga pernah menyabet beberapa penghargaan, diantaranya adalah Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA). Indonesia Best Brand Award (IBBA), Top Brand Award dan Otomotif Award. Sebagai rival utama dari Honda CB150R StreetFire, tentu spesifikasi dari motor Yamaha Vixion cukup menjanjikan. Bukan hanya dari spesifikasi yang mumpuni, tapi juga soal harga Yamaha Vixion yang ramah kantong.

Desain Yamaha Vixion

Saat ini Yamaha Vixion lebih dikenal dengan motor Yamaha Vixion Advance dan yang terbaru dinamai dengan Yamaha Vixion R. Kesan sporty sangat kental pada bodi motor Yamaha Vixion. Desain yang agresif dengan garis-garis tegas di setiap sisi menambah kesan gahar. Kesan ini tampak pada seluruh bagian bodi, mulai dari lampu depan hingga belakang. Selain garis-garis tegas dan tajam pada seluruh bodi, ternyata kesan sporty juga disumbang oleh under crowl pada bagian bawah motor. Pada varian motor Yamaha Vixion R bahkan sudah menggunakan lampu LED. Sehingga kesan sporty dan mewah semakin terasa di varian ini. Tentunya setiap varian motor Yamaha Vixion memiliki desain yang hampir serupa, tetapi juga memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

Dimensi Yamaha Vixion

Mempunyai desain gahar khas sebuah naked bike, lalu seperti apa dimensi motor Yamaha Vixion? Perlu diketahui juga bahwa motor Yamaha Vixion mempunyai dimensi, panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.025 mm. Tidak hanya itu, dimensi lainnya berupa jarak sumbu roda sebesar 1.320 mm dengan jarak terendah ke tanah 165 mm. Lalu, motor Yamaha Vixion memiliki tinggi tempat duduk 795 mm. Sedangkan untuk beratnya motor Yamaha Vixion seberat 131 kg dan kapasitas tangki bensinnya sendiri sekitar 11 liter. Sebagai salah satu motor idaman para lelaki, tentu dimensi seperti ini cukup sesuai. Apalagi dengan tinggi seperti itu, dirasa sangat pas dengan para cowok apalagi yang mempunyai tinggi badan ideal.

Rangka dan Kaki-kaki

Urusan desain yang sporty dan gahar tadi, ternyata juga dipengaruhi oleh penggunaan rangka motor Yamaha Vixion. Tipe rangka yang digunakan motor Yamaha Vixion adalah Deltabox. Dengan rangka ini akan terlihat lebih kokoh dan solid dibandingkan dengan penggunaan rangka teralis. Selain rangka tadi, pada bagian kaki-kaki motor Yamaha Vixion menggunakan ban berukuran 90/80-17M/C 46P pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang menggunakan ban berukuran 130/70-17M/C 62P. Untuk meredam benturan yang terjadi pada kedua ban, motor Yamaha Vixion dilengkapi dengan suspensi teleskopic untuk bagian depan dan swing arm pada bagian belakang. Sedangkan untuk keamanan motor Yamaha Vixion dilengkapi dengan pengereman disc brake pada kedua ban. Yang menarik adalah rangka Deltabox tadi yang membedakan dengan kompetitor motor Yamaha Vixion.

Mesin Yamaha Vixion

Motor Yamaha Vixion menggunakan mesin berkapasitas 155.1 cc dengan tipe mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA. Dengan mesin ini motor Yamaha Vixion mampu menyemburkan tenaga sebesar 14.2 kW pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin ini ditopang dengan fitur forged piston dan diasil cylinder. Fitur seperti ini mampu membuat mesin tiga kali lebih kuat, lebih ringan, dan lebih tahan lama dibandingkan yang tidak menggunakannya. Menariknya pada bagian mesin motor Yamaha Vixion ini sudah lulus uji emisi Euro 3. Sehingga motor Yamaha Vixion cukup ramah lingkungan dan sudah sesuai dengan peraturan pemerintah.

Fitur Yamaha Vixion

Saat ini motor Yamaha Vixion lebih dikenal dengan motor Yamaha Vixion Advance dan yang versi terbaru adalah motor Yamaha Vixion R. Tentunya harga Yamaha Vixion setiap varian berbeda-beda. Selain itu, memiliki fitur yang berbeda pula. Untuk urusan fitur motor Yamaha Vixion varian tertinggi atau Yamaha Vixion R, dilengkapi dengan desain pegangan dudukan penumpang yang menyatu dengan bodi. Sehingga terlihat sporty dan stylish. Varian motor Yamaha Vixion ini menggunakan lampu LED dan mempunyai fitur hazard lamp. Untuk menambah kesan mewah, motor Yamaha Vixion menggunakan full digital speedometer. Sehingga informasi yang dipoeroleh menjadi lebih mudah. Dengan varian tertinggi dan memiliki fitur yang menawan, tentu harga Yamaha Vixion R cukup mahal.

Kelebihan dan Kekurangan

Soal kelebihan dan kekurangan Yamaha Vixion masih sebanding. Karena kekurangan yang ada masih bisa tertutupi dengan kelebihan Yamaha Vixion, terutama harga Yamaha Vixion yang masih terbilang murah. Dengan harga Yamaha Vixion yang relatif masih murah, Otolovers sudah bisa mendapatkan motor dengan desain agresif dan sporty. Bahkan motor Yamaha Vixion memiliki performa yang cukup baik juga. Namun, beberapa kelebihan tersebut juga masih ada kekurangannya. Salah satunya adalah masih menggunkan transmisi 5 percepatan dan pada instrument cluster juga masih analog. Untuk varian standar belum menggunakan lampu LED.

Spesifikasi Yamaha Vixion

Motor Yamaha Vixion sejak diluncurkan pertama kali sampai sekarang sudah menggebrak pasar. Apalagi saat ini persaingan sengit tengah terjadi dengan Honda CB150R. Tidak hanya itu, motor Yamaha Vixion juga bersaing dengan Suzuki GSX-S 150. Bersaing dengan kedua kompetitornya tadi, motor Yamaha Vixion harus memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tidak hanya itu, dari segi harga Yamaha Vixion harus bisa kompetitif. Sehingga konsumen Indonesia semakin tertarik untuk menebus harga Yamaha Vixion dan membawanya ke rumah.
Sumber: otosia