Selama COVID-19, Denda Pajak dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Dihapus

Motorgue, 07 May 2020
  • pembayaran pajak
    Selama COVID-19, Denda Pajak dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Dihapus
Selama masa pandemi virus Corona (COVID-19), banyak orang yang mengalami kesulitan. Pemerintah pun berupaya melakukan beberapa penyesuaian untuk memberikan kemudahan untuk masyarakat. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah membebaskan denda pajak kendaraan bermotor untuk warganya selama masa darurat Corona Covid-19.

Dalam kondisi darurat covid-19 kami tidak kenakan denda. Untuk lamanya sendiri sampai melihat perkembangan situasi dan kondisi.
Berlaku sejak 17 Februari hingga 16 Juli 2020, program penghapusan denda pajak dan bea balik nama kendaraan bisa dimanfaatkan masyarakat Jawa Tengah.

Kebijakan ini diharapkan mampu meringankan beban pemilik kendaraan yang terdampak Pandemi Corona Covid-19. Namun apabila masa daruratnya hingga lebih dari 16 Juli, harus seizin dari pak Gubernur dahulu.

Meski beberapa wilayah sudah menutup layanannya, pembayaran pajak kendaraan bermotor di samsat Jawa Tengah masih beroperasi. Meski demikian terdapat pembatasan jam operasional.

Khusus hari Senin sampai Kamis, pelayanan berlaku sejak pukul 08.00 sampai 12.30, sedangkan Jumat pukul 08.00 sampai 11.00 dan Sabtu pukul 08.00 sampai pukul 11.30.

Kami juga mengimbau agar menggunakan aplikasi online pembayaran pajak kendaraan yakni Sakpole dan Samolnas untuk mengurangi kepadatan di tempat pelayanan samsat.

Sumber: otosia