Tampilan Motor Yamaha 2 Tak Pertama di Indonesia

Motorgue, 05 Jul 2020
  • Yamaha V50
    Tampilan Motor Yamaha 2 Tak Pertama di Indonesia
Bikers tau gak sejarah sebelum pabrikan Yamaha Motor Indonesia berdiri? Sebelum pabrikan ini berdiri, penjualan motor di Indonesia lewat importir umum. Dari beberapa informasi yang Motor Plus himpun. Motor bebek Yamaha pertama masuk Indonesia secara CBU dari Jepang pada tahun 1973 Kemudian pabrikan Yamaha Motor kalau sekarang YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing), pertama kali berdiri tahun 1974.

YIMM melepas Yamaha V70 dengan tentu bermesin 2-tak. Mesin tersebut memiliki diameter bore 40 mm dan stroke 39.7 mm dengan sistem pembakaran karburator. Spesifikasi motor jadul Yamaha V50 memang tak terlalu istimewa. Meskipun begitu, Yamaha V50 menawarkan desain klasik yang tak bisa dibandingkan dengan motor jaman sekarang. Selain itu, Yamaha melengkapinya dengan transmisi 3 percepatan yang menghasilkan tenaga dan torsi cukup besar dimasanya.

Ada pula tangki bahan bakar yang bisa menampung bensin sebanyak 4.5 Lite dan didukung sistem kelistrikan Platina. Masih ada bikers yang tetap mengoleksi bebek berkapasitas 70 cc ini. Bahkan, di Inggris dijual lengkap partnya karena V70 sempat juga beredar di era 1980-an. Tidak banyak informasi yang beredar, berapa unit motor ini dijual di Indonesia, sekarang motor ini sudah jadi collector item. Terlebih Yamaha V50 memiliki desain iconic dengan konsep simple yang mudah dikendarai dan gampang dalam perawatannya.
Sumber: