Yamaha XMAX dan Honda Forza Punya Busi Unik

Motorgue, 25 Jun 2020
  • Busi khusus Yamaha XMAX dan Honda Forza
    Yamaha XMAX dan Honda Forza Punya Busi Unik
Tak disangka Yamaha XMAX dan Honda Forza mempunyai busi unik dibandingkan skutik lain.  Kedua skutik tersebut dipasangkan busi tipe NGK LMAR8A-9. 

Busi NGK LMAR8A-9 & Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm.

Penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan. Sebab busi tersebut sengaja diciptakan agar meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar. Tujuannya untuk menaikkan kemampuan kompresi, dan ruang bakar serta sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi.

Keunikan lain pada kedua skutik tersebut adalah penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya, sehingga memiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation. Efek lainnya busi tersebut dapat memiliki performa pengapian maksimal dengan masa pakai yang lebih panjang.

Karena itu Diko menyarankan bagi pemilik XMAX dan Forza untuk tidak mengganti busi secara sembarangan yang dapat mengurangi performa keduanya. Jika ingin mengganti baru pilih spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan.

Fitur-fitur spesifik untuk masing-masing motor berbeda-beda. Kami selalu mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki, agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa dan efisiensi yang paling optimal.

Sumber: otosia