Kesalahan Banyak Dilakukan saat Merawat Jok Motor

Motorgue, 29 May 2020
  • Pilihan Jok Motor
    Kesalahan Banyak Dilakukan saat Merawat Jok Motor
Meski di rumah aja karena Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), tapi bukan berarti sepeda motor tidak perlu dicuci. Sebab, meski tidak digunakan, motor akan tetap dihinggapi debu. Namun, mencuci motor juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada bagian yang tidak perlu dicuci, apalagi sampai menggunakan cairan khusus, yakni bagian jok.

Merawat jok sepeda motor bukan hal yang sulit. Jok hanya perlu dilap saja dengan kain halus supaya tetap bersih. Sebab jok motor biasanya berbahan calp spon atau kulit sintesis.Bahan tersebut cukup rentan bila terkena air dan bahan kimia seperti sabun. Sehingga, mencuci jok motor akan mempercepat usia penggunaannya. "Membersihkan jok motor itu mudah, hanya perlu lap saja. Ketika sering dicuci atau pakai cairan sabun khusus yang banyak beredar, jok malah akan lebih cepat rusak," kata Yansen Z Simarmata, dari Accura Synthetic Leather.

Jok yang sering dicuci atau terkena bahan kimia untuk pembersih akan lebih cepat rusak. Pada permukaan jok akan muncul kerutan atau retakan. Busa jok juga bisa menjadi lebih keras, karena ada air yang masuk ke dalam busa jok. Yansen menyarankan, untuk menghindari penggunaan cairan pelicin agar jok terlihat mengilap. Sebab, kebiasaan tersebut dapat membuat pengendara lebih sering selip yang disebabkan permukaan jok terlalu licin.

"Akibatnya, kontrol pada sepeda motor menjadi berkurang. Baiknya jok itu menjaga tubuh pengendara agar terjaga (tidak selip) sehingga nyaman," ujar Yansen. Yansen menambahkan, bila ada noda bandel di jok, cukup gunakan minyak kayu putih secukupnya. Lalu, dilap dengan kain halus. Tidak perlu dicuci atau pakai bahan kimia lainnya, cukup siram dengan air bersih lalu dilap.
Sumber: kompas