Begini Cara Ampuh Mengkilapkan Bodi Pada Motor Matik Yang Sudah Kusam

Motorgue, 09 Jul 2020
  • Motor yang mengkilap
    Begini Cara Ampuh Mengkilapkan Bodi Pada Motor Matik Yang Sudah Kusam
Motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling diandalkan oleh masyarakat di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, dan paling praktis dibawa ke mana saja, baik dalam kondisi macet atau masuk jalanan sempit, kendaraan roda dua ini sangat digemari. Saat ini, jenis motor matik atau skuter matik bisa jadi model yang paling laris di pasaran. Hadir dengan berbagai pilihan desain, motor ini cocok untuk pria maupun wanita.
Tapi, motor matik ini tentu saja tetap memiliki kelemahan, dan salah satunya penampilan. Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, banyak motor matik yang bodinya cepat pudar dan tidak mengkilap lagi. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk membuat bodi matik kinclong lagi:

1. Menggunakan Skotlet

Skotlet adalah stiker dengan berbagai macam jenis dan pilihan. Misalnya skotlet yang polos, batik, animasi, transparan dan lain sebagainya yang biasanya digunakan untuk menutup bagian bodi motor asli. Dengan memasangkan skotlet, tentu akan semakin membuat bodi motor lebih menarik dan bagian yang kusam serta sulit dihilangkan bisa tertutupi dengan terpasangnya stiker ini. Lalu, keuntungan lainnya adalah, bodi motor tidak akan langsung lecet ketika jatuh, karena skotletnya lah yang lecet. Selain itu, ketika ingin melepas skotlet, maka motor akan tampak seperti baru. Tentu dengan catatan motor sudah di skotlet sebelum mulai dipakai. Skotlet ini juga mudah sekali didapatkan karena banyak dijual di pinggiran jalan. Ini adalah salah satu cara mengkilapkan bodi motor matik yang sangat mudah.

2. Mencuci Motor Secara Berkala

Langkah selanjutnya agar bisa mengkilapkan motor matic Anda adalah dengan sering mencuci motor, misalnya sekali atau dua kali selama seminggu. Manfaatkanlah libur akhir pekan untuk mencuci motor Anda. Apa yang akan terjadi jika Anda membiarkan motor dalam keadaan kotor? Debu dan sinar matahari adalah salah satu faktor yang bisa membuat motor menjadi kusam dan kotor, oleh karena itu jangan biarkan hal tersebut menjadi penyebab tidak menariknya motor Anda. Jika Anda merasa malas karena terlalu sibuk bekerja atau kuliah sehingga tidak bisa mencuci motor, maka gunakanlah jasa cuci motor di sekitar tempat tinggal. Dengan begitu motor Anda tetap bersih dan tidak kusam lagi.

3. Sering Mengelap Bodi Motor

Cara mengkilapkan bodi motor yang kusam bisa dengan cara sering mengelapnya. Hal ini sangat mudah sekali dilakukan karena bisa diterapkan kapan saja dan dimana saja. Motor yang digunakan di jalan, pastinya akan tertempel oleh debu dan kotoran lainnya. Jika hal itu dibiarkan, maka lama kelamaan motor akan tampak menjadi kusam. Oleh karena itu, lakukanlah cara mudah ini setiap hari agar motor tetap bersih. Pemilihan kain juga tidak boleh sembarangan dalam hal ini. Gunakanlah kain khusus untuk mengelap motor. Tentu akan percuma saja jika kain yang digunakan bekas mengelap sesuatu karena itu tidak akan membantu menghilangkan debu, melainkan menambah kotoran. Jangan kasar juga ketika mengelap body motor. Lakukanlah secara perlahan dan hati- hati.

4. Ketika Mencuci Motor Jangan Gunakan Detergen

Pemilik memang harus rutin mencuci motor, misalnya satu atau dua kali dalam seminggu akan tetapi jangan asal mencuci motor karena itu bisa menyebabkan tampilan bodi motor tidak menarik lagi. Hilangkan kebiasaan untuk mencuci motor dengan menggunakan detergen, karena detergen bisa dengan cepat membuat cat motor Anda mengelupas dan semakin kusam. Gunakanlah sampo motor dan air bersih ketika akan mencucinya, karena hal tersebut aman untuk kendaraan.

5. Manfaatkanlah Benda di Rumah Untuk Mengkilapkan Bodi Motor

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak kayu putih bukan? Benda ini mungkin saja sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Biasanya benda ini akan dicari ketika ada seseorang yang pingsan atau masuk angin. Di samping itu, ternyata benda mini ini bisa mengkilapkan bodi motor Anda menjadi tampak baru. Caranya adalah, setelah mencuci motor dan mengelapnya sampai kering, tuangkan minyak kayu putih dengan kain yang halus lalu lap kan pada body motor. Dengan begitu akan tampak lebih kinclong lagi. Selain minyak kayu putih, minyak goreng pun bisa menyulap motor Anda yang kusam menjadi lebih kinclong. Tentu bahan ini mudah sekali ditemukan, karena merupakan kebutuhan pokok di dapur. Sama halnya dengan minyak kayu putih, minyak goreng digunakan ketika motor yang habis dicuci dan sudah benar-benar kering. Caranya juga sama, yakni menuangkan minyak goreng baru ke atas kain halus lalu ratakan ke body motor Anda.
Sumber: liputan6