Cara Mencegah Ban Motor Kempes Disaat Motor Jarang Digunakan

Motorgue, 18 Jun 2020
  • isi angin ban motor
    Cara Mencegah Ban Motor Kempes Disaat Motor Jarang Digunakan
Saat lebaran di tengah pandemi virus Corona, pastinya motor akan jadi jarang dipakai. Nah, selain melepas aki atau selalu menjaga kebersihan body, ada hal lain yang harus dilakukan oleh bikers pada motor yang jarang dipakai. Yaitu mencegah ban motor kempes saat di parkir lama. Caranya disebutkan langsung oleh Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen Ban IRC.

Baiknya sebelum motor tidak dipakai diisi angin nitrogen terlebih dahulu, ucap Pak Dodi sapaan akrabnya. Nitrogen ini bisa lebih stabil dari angin biasa, ungkapnya. Jadi, kalau ban diisi angin nitrogen tidak cepat susut angin di dalam ban, lanjutnya. Selain itu, ketika digunakan dalam suhu tinggi kenaikkan atau tingkat pemuaian angin nitrogen juga lebih rendah.

Lalu tips simpel yang kedua bisa dengan menggunakan standar tengah atau standar dua. Supaya ban tidak bersentuhan langsung dengan keramik atau semen di rumah, tambahnya lagi. Soalnya kalau ban bersentuhan langsung dengan keramik maka pori-pori ban tersebut bisa terbuka," lanjut Pak Dodi. Karena biarpun tidak terlihat, ban itu memiliki pori-pori, tambahnya lagi. Selain itu kalau udara juga menurun seperti di dalam ruangan maka udara di dalam ban juga menyusut yang bisa mengakibatkan ban jadi lebih cepat kempes.

Sumber: