Cara Mengatasi Tangki Motor Jadul Mulai Bocor

Motorgue, 06 Jul 2020
  • Proses perontokan cat
    Cara Mengatasi Tangki Motor Jadul Mulai Bocor
Tangki motor seiring waktu bisa keropos dan lama-lama bocor, begini cara atasinya. Tangki motor jadul seperti pada Honda Win harus mendapat perhatikan lebih. Buat yang kepingin merestorasi Honda Win, tangki bocor bisa jadi masalah serius. Mengingat pamor Honda Win kembali naik belakangan ini. Harga bekas Honda Win saja bisa tembus Rp 10 juta.

Tangki yang bocor karena umur bukan hanya terjadi pada Honda Win saja, tapi juga motor-motor sport lawan lain. "Biasanya salah satu penyakit Honda Win berumur adalah tangki bensin yang sudah keropos," buka Putra Perkasa, owner Jhon Clasik, bengkel restorasi Honda klasik. Putra Perkasa alias Jhon ini punya trik ampuh obati tangki Honda Win yang bocor. Cara ini juga bisa diikuti buat motor sport lain yang tangkinya sudah keropos bahkan bocor.

"Tangki Honda Win yang bocor sebaiknya seluruh cat dan stripingnya dirontokin semua," saran Jhon. "Saat cat atau tangki rontok, untuk mencari bagian tangki yang sudah keropos lebih mudah," tambahnya saat ditemui di Jalan Jati Makmur no.37, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Penyebab bocor pada tangki Honda Win biasanya ditandai dengan karat. "Setelah itu, bagian tangki yang keropos atau bolong ditambal dengan cara dilas," jelas Jhon. "Pastikan semua bagian yang karat atau keropos juga diperiksa dan ditambal," tambahnya.

Terakhir, supaya tambalan yang dilas semakin kuat, Jhon punya cara sendiri. "Setelah yang bocor-bocor ditambal, lapisan dalam tangki kemudian dilapisi dengan resin," kata Jhon. "Lapisan resin ini yang menjaga tangki dari bocor lagi nantinya," pungkasnya.Untuk pencegahan, setelah ditambal dan dilapisi resin, jangan lupa untuk kuras tangki berkala.
Sumber: