Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor

Motorgue, 29 Apr 2020
  • Stabilizer rantai sepeda motor
    Fungsi Stabilizer Rantai Sepeda Motor
JAKARTA - Pada sepeda motor ada komponen bernama stabilizer rantai. Biasanya terdapat di motor trail tapi juga bisa dipasang di motor jalan raya sebagai aksesoris. Untuk motor trail fungsi utama stabilizer rantai ialah menjaga rantai tidak bergeser atau terlepas dari gir. Fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail.



Karena itu meski terlihat sepele stabilizer rantai punya tugas yang tidak kecil karena menjaga rantai tetap di jalurnya. Fungsi lain dari stabilizer rantai membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur karena rantai yang kotor dapat mempengaruhi performa.

Stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor jalan raya tapi tidak seperlu motor trail. Sebab komponen ini juga bisa berfungsi menekan rantai yang kendur agar tetap stabil. Motor biasa bisa dipasangkan, tapi kalau motor biasa dengan pemakaian di jalan raya kan enggak ekstrem seperti di off-road.