Motor Matic Bergetar Komponen Kecil Ini Sumber Cvt

Motorgue, 23 Jun 2020
  • Karet damper kampas ganda
    Motor Matic Bergetar Komponen Kecil Ini Sumber Cvt
Komponen kecil ini bisa bikin CVT di motor matic bergetar, mitos atau fakta? Biasanya brother akan servis area CVT motor matic saat sudah terasa enggak nyaman. Getaran yang muncul di CVT selama ini lebih dikaitkan dengan kotoran. Kotoran menumpuk di area mangkuk dan kampas ganda. Namun, jika mangkuk dan kampas ganda sudah dibersihkan masih muncul sedikit getaran. Ternyata getaran yang belum hilang, berasal dari komponen kecil ini. Komponen yang dimaksud biasa disebut karet damper.

Karet damper ialah karet kecil yang ada di kampas ganda. Karet damper peredam kopling sentrifugal, punya bentuk bulat seperti roller. M. Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah menjelaskan efek kalau karet kecil ini tidak berfungsi normal. "Jika karet kecil itu getas atau mengeras bisa menyebabkan getaran," kata Abidin. "Karena saat kampas kopling kembali ke posisi awal akan mental lagi dan menyentuh landasan mangkuk kampas ganda," sambungnya. "Itu akibat tidak teredam oleh karet damper," lanjutnya. Kalau sudah begitu, tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain mengganti karet damper di kampas ganda.

Harganya pun murah, hanya Rp 10-20 ribuan sepaket isi tiga tergantung jenis motornya. Karet damper di kampas ganda menjadi getas atau keras ternyata ada penyebabnya. "Kebanyakan akibat perilaku berkendara yang salah," lanjut Abidin. "Seperti menggantung rpm mesin saat berhenti sambil menekan rem jadi salah satu penyebabnya," tambah Abidin. Hal itu bikin kampas terus bergesekan dengan mangkuk kampas ganda dan menghasilkan panas. Panas itulah yang lama-lama membuat karet damper menjadi keras atau getas.Makanya harus diingat, perilaku berkendara yang benar sangat berpengaruh pada umur pakai komponen yang ada di dalam motor juga.
Sumber: