Patokan Kilometer Sebelum V-Belt Motor Matic Putus

Motorgue, 18 Jun 2020
  • v-belt motor matic
    Patokan Kilometer Sebelum V-Belt Motor Matic Putus
Sebelum putus di jalan, ternyata ada patokan kilometer untuk penggunaan v-belt atau vanbelt di motor matic. Bikers pasti paham, kalau v-belt pada motor matic memiliki masa pakai. Sehingga kalau sudah lewat dari masa pakainya, v-belt harus segera diganti. Jika masih maksa pakai v-belt lama, takutnya malah putus di jalan. Meski begitu, masih banyak bikers yang bingung kapan waktu yang pas untuk mengganti v-belt.

Apakah ada ciri-ciri khusus pada v-belt yang mulai aus?Produsen v-belt dan bengkel resmi sepakat kalau umur pemakaiannya berkisar di angka 20.000 km. Pergantian v-belt disarankan kalau sudah masuk usia 20.000 km atau 3 tahun pemakaian, buka Soeparmo Marketing OEM R2 Bando Indonesia. Baik 20.000 km atau 3 tahun pemakaian dipilih berdasarkan mana yang lebih dahulu tercapai,  tambahnya. Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta.

Pergantian v-belt atau vanbelt rata-rata berkisar di rentan waktu 24 hingga 25 ribu km, kata Budi Aryadi. Di atas km yang saya sebutkan berpotensi untuk putus, tambahnya. Namun angka di atas bukan merupakan angka patokan untuk semua motor. Misalnya ada motor matic yang pemakaian v-beltnya masih di bawah 20 ribu tapi kondisinya sudah retak-retak wajib diganti, jelas Soeparmo. Dari pada putus di jalan lebih baik diganti,  wantinya. Nah jadi jangan kelamaan ya, v-belt sebaiknya dicek dan diganti pada kilometer tersebut.
Sumber: