Kabel Motor Wajib Dirawat Saat Musim Hujan

Motorgue, 29 May 2020
  • Kabel motor perlu dirawat
    Kabel Motor Wajib Dirawat Saat Musim Hujan
Merawat kabel memang cukup penting, terlebih jika motornya sudah injeksi. Meski ditempatkan di bagian sempit dan sulit dijangkau, namun merawat kabel motor sangat penting dilakukan. Apalagi di musim penghujan seperti ini, pastinya bagian itu mudah kotor. Jangan sampai hanya rawat mesin dan bodi motor saja.

Melansir laman resmi Federal Oil, merawat kabel memang cukup penting, terlebih jika motornya sudah injeksi. Pasalnya, suplai bensin ke injector sangat bergantung pada sistem kelistrikan. Meskipun sistem perkabelan motor sudah anti air, namun tetap harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan.

Kabel-kabel yang umurnya sudah cukup tua berpotensi terjadi kerusakan. Caranya dengan mengecek kondisi selongsong kabelnya. Kalau sudah berumur, pasti akan mengeras dan berisiko terjadi keretakan. Kalau sudah retak, listrik bisa bocor. Cobalah untuk menutup keretakan tersebut dengan menggunakan selotip kabel. Selain itu, jangan lupa untuk memantau soket sambungan kabel. Kalau keseringan terkena air, beresiko karat.
Langkah pencegahannya cukup menyemprotkan cairan penghilang karat yang bisa dibeli di toko-toko terdekat. Dan jika soket sudah terlihat menghitam alias gosong, langsung ganti baru.

Mengenal Kelebihan Rem Tangan Elektronik, Apa Saja?

Fitur-fitur pada mobil semakin lama semakin canggih. Salah satunya adalah rem tangan yang kini ditawarkan dalam versi lebih canggih. Dikutip dari Wuling Indonesia, kebanyakan mobil-mobil jaman dulu dibekali rem tangan dengan tuas yang harus ditarik ke atas untuk mengaktifkannya. Kini, tuas rem tangan justru sudah mulai ditinggalkan. Para pabrikan memilih untuk menggunakan rem tangan elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB) sebagai gantinya.

Secara tampilan, EPB memang lebih modern dan simpel. Tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem tangan, melainkan hanya menekan tombol.

Sumber: otosia