9 Cara Menghemat Bensin Motor Matik

Motorgue, 26 Jun 2020
  • Ilustrasi Bensin
    9 Cara Menghemat Bensin Motor Matik
9 Cara Ini Dapat Membuat Motor Matik Hemat Bensinnya. Memang betul bahwa sepeda motor matik sering dikatakan motor dengan boros bahan bakar dibandingkan dengan sepeda motor transmisi manual karena motor matik membutuhkan bensin lebih banyak.

Motor matik membutuhkan lebih banyak bahan bakar karena terlalu banyak gear yang terpasang. Pada motor transmisi manual, gear/kecepatannya bisa diatur dengan perseneling dan hal ini bisa menghemat bensin lebih maksimal.

Pada motor matic tidak bisa dilakukan, meski sebenarnya kebanyakan motor matic sudah menerapkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Nah, cara menghemat bensin motor matic ini akan membantunya.

Nah, tapi pemilik sepeda motor matik bisa melakukan beberapa cara agar bisa sedikit lebih menghemat konsumsi bahan bakar kendaraannya. 

Cara menghemat bensin sepeda motor matik :

1. Diameter Pelek

Ukuran diameter pelek akan memengaruhi penggunaan bahan bakar. Memerhatikan ukurannya termasuk cara hemat bensin motor matic. Kebanyakan motor matic menggunakan pelek roda berdiameter 14 inci. Kemudian banyak yang memodifikasi dan menggantinya dengan ukuran 17 inci.

Modifikasi pelek motor inilah yang membuat penggunaan bensin motor lebih boros. Motor matik dengan pelek 14 inci mampu melaju hingga jarak 37.5 km/liter. Motor matic dengan pelek berdiameter 17 inci hanya mampu menempuh jarak 35.9 km/liter.

2. Pengapian

Memerhatikan komponen pengapian juga termasuk cara hemat bensin motor matic. Apalagi jika motor matic yang digunakan masih menggunakan karburator. Lakukan monitor komponen pengapian secara berkala.

Hal ini untuk mengantisipasi pengapian bermasalah. Pengapian yang bermasalah akan memengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Semakin baik kondisi pengapian maka penggunakan bahan bakar akan semakin efisien.

3. Tekanan Udara Ban

Tekanan udara ban harus diperhatikan secara berkala. Cara hemat bensin motor matic ini sangat memengaruhi kerja mesin. Tekanan udara ban yang kurang akan membuat mesin bekerja lebih keras untuk memutarnya. Pastikan mengecek tekanan ban minimal satu minggu sekali untuk menghindari penggunaan bahan bakar berlebihan. Tekanan ban motor depan idealnya harus 29 psi dan ban motor belakang 33 psi.

4. Kelistrikan

Kelistrikan pada motor matic harus lebih diperhatikan. Apalagi untuk motor matic yang menggunakan sistem injeksi. Cara hemat bensin motor matic ini sangat berpengaruh dengan kelistrikan mesin yang terjadi.

Ketika sistem kelistrikan mengalami gangguan, dampak konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih banyak. Proses pengecekan ini bisa dimulai dari kondisi aki. Lalu pemeriksaan soket dan kondisi kabel.

5. Servis Motor

Melakukan servis motor secara rutin termasuk cara hemat bensin motor matic. Lakukan servis secara berkala. Ketika servis dilakukan, kondisi motor akan diperbaiki lebih dini. Sehingga performa motor biar tetap prima.

Misalnya gangguan pada motor seperti flek ruang mesin dan terdapat komponen yang rusak. Hal ini membuat beban tambahan dan berimbas pada konsumsi bahan bakar. Bahan bakar akan lebih banyak dibutuhkan pada kondisi mesin yang seperti ini.

6. Atur Kecepatan Berkendara

Mengatur kecepatan kendarakan bisa menjadi cara hemat bensin motor matic. Kecepatan akan sangat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dipakai. Semakin besar kecepatan berkendara maka semakin banyak pula bensin yang digunakan. Agar bisa lebih hemat bensin, atur kecepatan lebih stabil dan perhatikan tuas gas agar tidak selalu berhenti.

Jangan pula terlalu lama memanaskan motor matic. Cukup panaskan selama 3 menit sebelum menggunakannya. Sebab, semakin panas mesin kendarakan maka bahan bakar yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

7. Bahan Bakar

Jenis bahan bakar harus diperhatikan sebagai cara hemat bensin motor matic. Coba gunakan BBM oktan tinggi. BBM oktan tinggi memang lebih mahal tetapi pembakarannya lebih sempurna. Jika dibandingan dengan BBM beroktan rendah, justru pembakaran sempurna membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Misalnya jika menggunakan pertamax, pembakarannya akan lebih sempurna. Bahkan BBM ini masih bisa membersihkan karbon sisa pembakaran dan sisa karbonnya lebih sedikit.

8. Oli

Keenceran oli juga sangat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Perhatikan keenceran yang digunakan untuk cara hemat bensin motor matic. Oli yang sesuai akan membuat gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Gesekan mesin yang minim, akan berpengaruh pada kinerja pembakaran. Mesin matic menjadi lebih wajar dalam menggunakan bahan bakar.

Oli motor matic sebaiknya gunakan yang memiliki tingkat kekentalan menengah, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Oli yang terlalu encer akan membuat mesin mudah mengalami penguapan. Sedangkan, oli yang kental akan membuat beban mesin menjadi lebih berat.

9. Bersihkan Filter

Membersihkan filter udara berkala termasuk cara hemat bensin motor matic. Filter yang kotor, jarang dibersihkan, dan tidak pernah diganti akan berdampak buruk pada ruang bakar mesin. Jika ruang bakar kotor maka udara akan menjadi tersumbatnya ketika memasuki sistem saluran intake. Pada kondisi ini akan banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia.

Cobalah untuk membersihkannya secara teratur untuk menghidari penyumbatan udara. Pengguna motor matic disarankan melakukan pergantian filter udara setiap 15.000 km. Agar suplai udara pembakaran bisa lebih maksimal. Sehingga motor matic menjadi tidak butuh tenaga ekstra untuk setiap proses pembakaran yang dilakukan. 
Sumber: otosia