Tips Agar Sistem Elektronik Motor Tidak Cepat Rusak

Motorgue, 28 May 2020
  • Sistem Elektronik Motor
    Tips Agar Sistem Elektronik Motor Tidak Cepat Rusak
Lakukan beberapa hal ini, dijamin sistem elektronik motor akan berumur panjang.
Berbagai sepeda motor di Indonesia, mulai entry-level sampai motor gede (moge) saat ini sudah dibekali dengan sistem elektronik yang canggih. Itu tak terlepas dari berubahnya sistem pengabutan karburator ke injeksi.

Jelas, hal ini membuat sistem elektronik menjadi semakin rumit. Jika terjadi kesalahan, maka bukan tak mungkin motor akan mogok, atau bahkan tidak mau menyala.

Susandy Sumargo, pemilik Bimmer Motorcycle Specialist, salah satu bengkel spesialis produk BMW Motorrad di Jakarta membagikan tips agar sistem elektronik motor tidak cepat rusak. "Jelas motor meskipun tidak dipakai, harus tetap dipanasi. Selain mekanisme mesin berjalan, aki juga tetap terisi. Jadi kelistrikannya tetap terjaga," terang Sandy.

"Tapi sebenarnya tak cukup dipanasi dalam keadaan diam. Jadi motor itu tetap harus diajak jalan, agar semua sistemnya tetap gerak, terlebih kaki-kakinya," tambahnya. Sandy pun menyarankan untuk menghindari cuci motor bertekanan tinggi. Jika terpaksa, pastikan semua socket kelistrikan dalam kondisi yang baik agar air tidak masuk secara perlahan.

Sumber: otosia