Pemilik motor wajib mengganti oli secara rutin

Motorgue, 20 Jun 2020
  • Pengendara Motor Wajib Ganti Oli Secara Rutin
    Pemilik motor wajib mengganti oli secara rutin
Pemilik sepeda motor bisa menentukan saat penggantian oli tersebut, menggunakan jarak tempuh yakni setiap 1.000 sampai 1.500 Km. Jika disederhanakan lagi, pengguna motor sebaiknya melakukan penggantian oli satu kali dalam kurun waktu satu bulan.

Mengganti pelumas mesin secara rutin menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan pengguna motor untuk merawat kendaraannya. Mengganti oli mesin motor dalam waktu yang tepat, bisa melindungi komponen mesin dari gesekan berlebihan sehingga usia pakainya lebih awet.

Khusus untuk pengguna motor matik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli gardan atau transmisi. Penggantian oli gardan dilakukan dengan penghitungan tiga banding satu dengan pelumas mesin. Maksudnya, setelah tiga kali pergantian oli mesin maka sudah seharusnya oli gardan diganti.

Jarak tempuh pemakaian sepeda motor juga mempengaruhi durasi penggantian pelumas sepeda motor. Menurut teknisi sekaligus pemilik bengkel motor di kawasan Jakarta Selatan, Ganda, kondisi ini sering ditemui pada kendaraan pengemudi ojek online.

Kalau mereka bisa dua minggu sekali ganti oli motor, datang ke sini sudah hampir habis olinya.

Walaupun masih terasa nyaman digunakan, Ganda menyebut penggantian oli mesin secara rutin bisa dilakukan agar tidak muncul tanda-tanda kerusakan. Pengemudi juga bisa melakukan pemeriksaan singkat oli motornya sebelum berangkat beraktivitas maupun saat memiliki waktu di akhir pekan.
Sumber: okezone