Tips Merawat Bodi Motor agar Tidak Terlihat Kusam

Motorgue, 26 Apr 2020
  • Tips Merawat Bodi Motor agar Tidak Terlihat Kusam
    Tips Merawat Bodi Motor agar Tidak Terlihat Kusam
JAKARTA - Agar tetap kinclong, bodi motor tentunya memerlukan perawatan. Bodi motor bisa terlihat kusam apabila telah digunakan selama bertahun-tahun.
Untuk menjaga bodi motor agar tidak kusam, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Cara Mencuci
Anda perlu menyediakan shampo khusus motor untuk mencuci motor. Gunakan 2 bucket system atau menggunakan dua ember untuk mencuci motor.

Satu ember berisi air dan shampo, sedangkan ember satunya diisi air bersih untuk membilas applicator. Applicator yang dimaksud adalah media untuk mencuci, memoles maupun mengoleskan cairan tertentu pada motor.

Applicator ini bisa berupa busa dengan pori–pori yang besar, sea sponge, wash mitt dan applicator lain yang lembut agar tidak melukai atau memberi baret pada bagian motor.

Perhatikan cara mencucinya. Basahkan motor, berikan sabun dengan applicator, dan bilas hingga bersih, lalu keringkan.

Untuk pengeringan, hasil maksimal bisa Anda dapatkan dengan menggunakan microfiber waffle weaf drying towell.

Claying
Claying adalah proses pertama dari detailing. Fungsinya memberikan clay pada seluruh bagian body motor dengan tujuan untuk mengangkat kotoran (kerak) yang membandel pada bodi motor. Gunakan claybar yang dilubrikasi dengan quick detailer (QD) secara merata di bodi motor.

Setelah rata, gosok menggunakan microfiber sebagai applicator-nya. Ingat, applicator yang digunakan harus berbeda. Jadi yang digunakan untuk claying dipakai di claying saja. Supaya bahan-bahan tidak tercampur.

Hanya dengan proses ini saja, Anda akan mendapati motormu lebih mulus daripada biasanya

Polishing
Pada proses ini, baret halus akan disingkirkan. Gunakan paint cleaner untuk menghilangkan sisa wax yang tertinggal. Gosok secara merata hingga swirlmarks dan baret-baret di bodi motor hilang.

Selain itu, berikan polish liquid di applicator yang berbeda. Gosok secara merata hingga tuntas. Dengan melakukan polishing ini, tidak hanya baret-baret di bodi motor hilang, bodi motor yang tadinya kusam akan kembali hidup dan cerah.

Tidak hanya pada bodi, ada baiknya juga Anda memoles bagian logam dari motor Anda.

Waxing
Waxing atau proses poles ini bertujuan untuk melindungi bodi motor tetap kinclong walau terpapar sinar UV dan debu di jalanan. Apabila Anda ingin wax yang awet, gunakan wax sintetik yang banyak beredar di pasaran.

Quick Detailer
Quick Detailer atau QD biasa digunakan setelah proses waxing selesai. Tujuannya untuk menjaga kualitas wax agar bisa bertahan lebih lama.

Manfaatnya adalah ketika akan mencuci motor kembali. Anda tidak perlu menggunakan wax lagi dan cukup oleskan QD secara merata.
Sumber: okezone