Waktu Yang Tepat Mengganti Bantalan Roda Pada Sepeda Motor

Motorgue, 11 Jun 2020
  • bantalan rodaa motor
    Waktu Yang Tepat Mengganti Bantalan Roda Pada Sepeda Motor
Salah satu perawatan motor yang cukup penting adalah di bagian ban, lebih tepatnya di bantalan roda motor. Apa Anda sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti komponen satu ini. Pasar sepeda motor makin tumbuh, dipengaruhi oleh banyaknya motor baru yang ditawarkan. Mulai untuk motor khusus jalanan aspal, hingga yang dikhususkan sebagai penggaruk tanah atau trail. Bahkan kini sudah ada yang bisa keduanya.

Apalagi penghobi sepeda motor juga makin menjamur, ditandai dengan banyaknya komunitas yang telah berdiri. Kegiatan touring bareng menjadi rutinitas yang kerap mereka lakukan. Pengetahuan soal perawatan motor kerap kali juga diberikan atau didiskusikan, seperti safety riding, dan penanganan masalah teknis ketika mogok serta perawatan motor.

Nah, salah satu perawatan motor yang cukup penting adalah di bagian ban, lebih tepatnya di bantalan roda motor. Apakah anda tau kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

Waktu Ganti
Sebenarnya bantalan roda motor mampu bertahan hingga 100.000 mil. Bisa lebih jika dilakukan perawatan rutin dan benar. Selain itu, ternyata faktor berkendara juga berpengaruh, seperti terobos banjir atau jalanan yang tergenang. Kondisi itu dapat memperpendek usia bantalan roda. Anda perlu melakukan pengecekan terhadap bagian itu untuk mengetahui sudah waktunya ganti baru belum.

Cara Pengecekan Kondisi
Pertama yang perlu dilakukan adalah lepas roda motor. Kemudian cek apakah bisa berputar dengan normal atau tidak. Selanjutnya cengkram bagian atas dan bawah roda, bisa juga pegang bagian pelek. Ayunkan berulang kali sambil memutarkannya secara perlahan. Jika roda motor tersebut tidak bergerak, maka kondisi masih bagus. Hanya saja apabila temukan ketukan dan gerakan yang aneh, itu tandanya bantalan roda sudah aus. Lebih baik segera diganti baru.
Sumber: otosia